4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan dalam Mendidik Anak Laki-laki

4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan dalam Mendidik Anak Laki-laki

blank

Mendidik anak laki-laki juga membutuhkan ilmu seperti halnya mendidik anak perempuan seperti yang dibahas di artikel di sini

Beberapa hal yang penting kita perhatikan adalah :

Pertama, Dukung Keaktifannya.

Anak laki-laki tidak jarang dianggap nakal karena sifatnya yang aktif dan banyak gerak. Sebagai orang tua, kita jangan mencegah hal tersebut secara mutlak. Lebih penting untuk memberikan kesempatan anak aktif dan perlahan kita bentuk dan perbaiki sikap mereka.

Kedua, Tumbuhkan Jiwa Kepemimpinan.

“Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita…” (TQS An Nisaa’ : 34). Oleh karena itu, sejak kecil sudah semestinya kita persiapkan agar anak-anak kita siap menjadi pemimpin di masa depan. Minimal ia akan menjadi pemimpin di dalam keluarga. Selain itu, laki-laki juga kita persiapkan untuk siap menjadi pemimpin di level yang lebih besar. Banyak masalah keluarga muncul karena tidak siapnya suami menjadi pemimpin.

Ketiga, Ajarkan untuk Menghargai Kaum Perempuan.

Jelaskan bahwa antara laki-laki dan perempuan mempunyai perbedaan, baik secara fisik maupun peran. Pahamkan agar anak laki-laki tidak menyakiti perempuan baik secara fisik maupun psikis. Justru yang harus ditumbuhkan adalah sikap melindungi kaum perempuan.

Keempat, Bantu Anak Belajar Mengungkapkan Perasaannya.

Anak laki-laki tidak jarang merasa kesulitan menyampaikan isi hatinya. Oleh karena itu, permudah anak untuk mengekspresikan dirinya sejak kecil. Jangan ejek anak jika menangis. Bertanyalah dengan baik ketika anak terlihat sedih atau murung. Beritahukan pula bagaimana cara mengekspresikan rasa sayang kepada orang-orang di sekitarnya.

Demikian, semoga bermanfaat ya Ayah Bunda.  (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

×

Assalamualaikum wr wb.

Silakan chat via WA atau email ke admin@karimafood.com

× Chat CS