5 Jurus Jitu Merayu Anak agar Mau Makan

5 Jurus Jitu Merayu Anak agar Mau Makan

Ayah Bunda pernah mengalami situasi anak tidak mau makan? Tentu repot ya dalam situasi ini. Terlebih kita sadar bahwa anak yang susah makan bisa menyebabkan anak kekurangan gizi. Kondisi ini bisa menjadi salah satu penyebab stunting.

Berdasarkan data yang diperoleh, Menkes menyebut kasus stunting di Indonesia menunjukan angka 37,2 persen.  Artinya 4 dari 10 anak di Indonesia dipastikan mengalami stunting.

 (Sumber : https://www.tribunnews.com/kesehatan/2018/08/03/empat-dari-10-anak-indonesia-alami-stunting-menkes-sebut-negara-rugi-hingga-ratusan-triliun)

Lantas, bagaimana caranya agar anak mau makan? Silakan perhatikan beberapa jurus berikut ini ya Ayah Bunda :

Pertama, Jangan Memaksa Anak untuk Makan.

Pemaksaan kepada anak akan memberikan pengalaman tidak menyenangkan bagi anak. Akan berakibat kurang baik bagi perkembangan psikologis anak. Oleh karena itu, sebaiknya Ayah Bunda mencoba mencari tahu terlebih dahulu, mengapa anak susah makan?

Kedua, Kondisikan agar Anak Merasa Lapar.

Seringkali anak tidak mau makan adalah karena anak memang tidak merasa lapar. Kita sendiri tentu juga tidak berselera makan bukan ketika dalam kondisi kenyang? Bisa jadi anak baru saja minum susu atau banyak makan cemilan. Oleh karena itu, sebaiknya sekitar 2 jam sebelum jadwal makan, janganlah anak diberikan susu atau cemilan yang akan membuatnya merasa kenyang.

Ketiga, Ciptakan Situasi Gembira.

Anak sangat peka sekali perasaannya. Perubahan suasana hati akan sangat berdampak pada selera makan anak. Oleh karena itu, usahakan selalu menciptakan suasana gembira, terlebih di waktu makan. Tidak jarang orang tua yang justru memulai menciptaan situasi kurang menyenangkan, bisa jadi karena terburu-buru mau pergi.

Keempat, Berikan Menu Makanan yang Bervariasi agar Anak Tidak Bosan.

Anak bisa jadi merasa bosan pada makanan yang diberikan. Terlebih jika menunya hanya itu-itu saja, bahkan rasanya mungkin juga kurang enak. Oleh karena itu, berikanlah menu makanan yang bervariasi agar anak tidak merasa bosan. Paket Lauk Anak dari Karima bisa menjadi alternatif solusi yang Ayah Bunda bisa pilih. Lauk anak ini terbukti sudah membuat anak doyan makan dan ketagihan.

Kelima, Cobalah Cicipi Terlebih Dahulu Makanan yang Akan Diberikan kepada Anak.

Bisa jadi anak enggan makan adalah karena rasa makanan yang diberikan tidak terasa enak di lidah. Oleh karena itu, cobalah Ayah Bunda cicipi makanan tersebut. Jika memang terasa tidak enak, tentu wajar jika anak-anak tidak mau memakannya. Carilah makanan lain yang rasanya lebih enak ya Ayah Bunda.

Demikian beberapa cara untuk mengatasi anak yang susah makan. Silakan dicoba ya Ayah Bunda. Jika masih ada kesulitan, silakan jangan sungkan-sungkan berbagi pengalaman dengan kami. Semoga bermanfaat ya Ayah Bunda.  (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *