Agar Anak Mandiri

Agar Anak Mandiri

Mempunyai anak yang mandiri tentu menjadi harapan orang tua. Namun hal tersebut membutuhkan peran orang tua dalam prosesnya. Berikut ini beberapa contoh hal sederhana yang bisa Ayah Bunda lakukan.

Situasi Pertama.

Anak berusaha memakai sepatunya sendiri. Namun ia kesulitan. Dalam situasi seperti ini, tidak perlu terburu-buru membantunya. Coba tanyakan apakah ia butuh bantuan? Jika anak menjawab “Ya”, maka barulah membantunya. Bisa dengan memberikan pengarahan dan contoh, kemudian biarkan anak mencobanya lagi.

Situasi Kedua.

Anak berusaha mengambil makanan dan minuman sendiri. Karena belum terbiasa, ada makanan dan minuman yang jatuh dan tumpah di lantai. Dalam situasi seperti ini, jangan dimarahi ya Ayah Bunda. Sebaiknya bersikap biasa dan bilang tidaklah mengapa. Kemudian ajak anak membersihkan lantai. Jika anak dimarahi, anak justru akan tidak mau mengerjakan hal-hal yang sulit dan akan meminta bantuan terus.

Situasi Ketiga.

Anak bermain menyusun lego. Akan tetapi anak kesulitan dan lego itu tidak bisa tersusun dengan baik. Anak pun kesal dan marah. Dalam situasi seperti ini, Ayah Bunda bisa mengajak anak untuk berhenti sejenak. Setelah itu coba berikan beberapa analisis kemungkinan mengapa legonya sulit disusun. Berilah saran dan berikan kesempatan kepada anak untuk mencobanya lagi.

Demikian, semoga bermanfaat ya Ayah Bunda.  (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

×

Assalamualaikum wr wb.

Silakan chat via WA atau email ke admin@karimafood.com

× Chat CS