Agar Anak Menyukai Olahan Daging Kurban

Agar Anak Menyukai Olahan Daging Kurban

Di hari raya Idul Adha, seperti biasa akan ada pembagian daging kurban, baik daging sapi ataupun kambing. Sayangnya, belum tentu semua anggota keluarga menyukai olahan daging. Sebuah survei di Jakarta menunjukkan hasil bahwa daging sapi termasuk sumber protein yang kurang disukai sebagian anak-anak. Mereka justru lebih menyukai telur, daging ayam, juga ikan.

Lantas, bagaimana caranya agar anak-anak menjadi suka olahan daging sapi ataupun kambing?

Beberapa cara berikut ini bisa dicoba ya Ayah Bunda.

Pertama, Sajikan Olahan Daging Giling.

Anak-anak bisa jadi kesulitan mengunyah daging yang alot sehingga mereka malas makandaging. Oleh karena itu, dengan menggiling terlebih dahulu daging kurban, bisa mempermudah anak-anak  dalam makan daging. Ada banyak variasi olahan daging giling yang bisa kita sajikan, misalnya bakso, sosis, rolade, dan lain sebagainya.

Kedua, Potong Daging Kecil-kecil Sehingga Mudah Dimakan.

Daging yang diiris terlalu besar atau lebar bisa menyulitkan anak dalam makan daging. Makan daging pun menjadi kegiatan yang membosankan karena anak susah mengunyah dan menelannya. Oleh karena itu, potonglah daging menjadi potongan kecil-kecil sehingga mudah masuk mulut dan mudah dikunyah.

Ketiga, Empukkan Daging.

Selain memotongnya menjadi kecil-kecil, daging juga perlu diempukkan agar mudah dimakan anak-anak. Ayah Bunda bisa memanfaatkan daun pepaya untuk membuat daging menjadi empuk. Enzim papain yang ada di dalam daun ini dapat memecah protein daging. Bungkuslah daging dengan daun pepaya yang sudah diremas, tunggu sekitar 30 menit. Tidak perlu terlalu lama agar daging tidak menjadi terlalu empuk. Ada baiknya dibungkus sekalian dengan bumbunya agar bumbu menjadi lebih meresap.

Keempat, Hilangkan Bau Tidak Sedap pada Daging.

Bau yang kurang sedap bisa membuat anak kehilangan selera makan daging. Pisahkanlah lemak dengan daging, kemudian rebuslah dengan banyak rempah.

Kelima, Ajak Anak dalam Proses Memasak.

Kegiatan memasak bersama anak bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Anak-anak menjadi merasa memiliki masakan tersebut serta lebih bersemangat dan bangga untuk memakannya. Ayah Bunda perlu perhatikan bahwa anak-anak jauh dari pisau dan benda tajam lainnya. Bisa libatkan mereka di bagian yang aman dan mudah, misalnya membentuk gelinding daging dengan tangan.

Demikian beberapa kiat agar anak lebih menyukai olahan daging kurban. Semoga bermanfaat ya Ayah Bunda.  (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *