Agar Anak Terbiasa dengan Makanan Bergizi

Agar Anak Terbiasa dengan Makanan Bergizi

Sebagai orang tua, kita perlu memastikan bahwa anak-anak kita mendapatkan asupan gizi yang mencukupi untuk tumbuh kembang anak kita. Namun terkadang orang tua bingung ketika anak-anak justru menyukai makanan yang menurut kita kurang sehat atau kurang bergizi. Sementara makanan sehat dan bergizi yang kita siapkan justru kurang diminati.

Bagaimana mengatasinya?

Ayah Bunda bisa mencoba beberapa cara sebagai berikut :

Pertama, Jadilah Orang Tua Kreatif dalam Mengolah dan Menyajikan Makanan.

Anak-anak sangat memperhatikan cara penyajian makanan. Penyajian yang “biasa saja” mungkin akan membuat mereka kurang berminat.cobalah untuk membuat variasi dalam penyajian, misalnya membentuk makanan menjadi bentuk tertentu yang disukai anak, seperti berbentuk segitiga, kotak, mirip binatang lucu, dan lain sebagainya.

Kedua, Membatasi Alternatif Makanan.

Anak-anak bisa menyukai makanan lain bisa jadi karena memang tersedia di rumah. Cobalah untuk menyiapkan makanan bergizi saja dan jangan ada makanan lain di rumah. Jika anak-anak sudah lapar, maka mereka hanya mempunyai  satu alternatif saja yaitu makanan bergizi.

Ketiga, Jauhi Kebiasaan Jajan.

Jajan mungkin memang menyenangkan. Tapi jika menjadi kebiasaan, bisa membuat makanan bergizi yang disajikan menjadi kurang diminati. Maka jangan biasakan anak-anak terlalu sering jajan di luar, apalagi jika tidak terjamin kebersihan dan kesehatannya.

Keempat, Penyelipan Pendidikan Gizi dalam Dongeng.

Anak-anak suka sekali dengan dongeng. Tidak sedikit anak-anak yang suka mendengarkan dongeng sebelum tidur. Cobalah Bunda mendongeng untuk anak dengan memodifikasi cerita atau membuat cerita sendiri. Ada karakter yang sakit-sakitan dan ada karakter yang sehat dan kuat. Karakter yang sakit-sakitan tersebut karena sering makan makanan kurang bergizi, sementara karakter yang sehat dan kuat karena suka makanan sehat dan bergizi yang disiapkan orang tuanya. Harapannya, dengan penyelipan materi dalam dongeng ini, akan membuat anak-anak berubah pikiran tanpa harus diceramahi.

Demikian beberapa kiat agar anak terbiasa dengan makann bergizi. Semoga bermanfaat ya Ayah Bunda.  (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

×

Assalamualaikum wr wb.

Silakan chat via WA atau email ke admin@karimafood.com

× Chat CS