Anak Pemalu dan Menarik Diri

Anak Pemalu dan Menarik Diri

Anak yang pemalu akan cenderung menarik diri dari pergaulan. Dengan kata lain, anak mengurangi kecemasan dengan menjauhkan dirinyadari dunia nyata. Anak yang seperti ini akan cenderung menyendiri, takut berkomunikasi dengan orang baru, mudah gelisah dan apatis.

Penyebab sikap ini bisa karena anak kurang diberi kesempatan bergaul dengan orang dewasa dan anak-anak lainnya. Sikap orang tua yang berlebihan dalam melindungi anak juga bisa menjadi penyebabnya.

Alternatif solusi yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk begaul dengan orang lain. Selain itu, secara bertahap hadapkan anak pada berbagai situasi nyata yang menimbulkan ketakutan. Contoh situasi tersebut adalah, ditinggal ibunya dari pagi sampai sore, dan anak dititipkan di rumah nenek atau di tempat penitipan anak. Atau berikan alternatif berupa anak bermain ke rumah temannya, atau sebaliknya. Beri motivasi agar anak mengerjakan segala sesuatu secara mandiri.

Demikian, semoga bermanfaat ya Ayah Bunda. (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

×

Assalamualaikum wr wb.

Silakan chat via WA atau email ke admin@karimafood.com

× Chat CS