Anak Tidak Perlu Perlindungan Berlebihan

Anak Tidak Perlu Perlindungan Berlebihan

blankSudah menjadi naluri normal dari orang tua untuk melindungi anak dari berbagai bahaya. Walau demikian, perlindungan tersebut tidak boleh berlebihan. Momism adalah tindakan perlindungan berlebihan dari ibu kepada anaknya.

Ada sebagian kaum ibu yang memang memberikan perlindungan berlebihan kepada anaknya, bahkan pada sesuatu yang sebenarnya resikonya sangat kecil. Tidak jarang, ibunya memberikan obat secara berlebihan.

Anak yang mendapatkan perlindungan berlebihan akan menjadi kurang terdorong untuk bereksplorasi dan mengambil risiko. Bagi anak-anak ini, anak lain atau orang dewasa lain bisa menjadi sosok yang dianggap mengkhawatirkan.

Anak akan menjadi mudah takut, cemas, dan malu berlebihan. Sikap ini bisa terbawa sampai anak masuk usia dewasa. Anak menjadi sulit untuk memutuskan sesuatu secara mandiri. Ia menjadi mempunyai ketakutan-ketakutan atau kekhawatiran-kekhawatiran yang kurang beralasan. Pada akhirnya, ia akan tumbuh menjadi manusia yang lemah kepribadiannya.

Demikian, semoga bermanfaat ya Ayah Bunda. Selamat menidurkan anak. (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

×

Assalamualaikum wr wb.

Silakan chat via WA atau email ke admin@karimafood.com

× Chat CS