Bayi Sehat Karena Ibu Cerdas

Bayi Sehat Karena Ibu Cerdas

Bunda pasti sudah sering menjumpai di pasaran banyak dijual aneka makanan bayi siap saji dalam berbagai kemasan. Ya jaman sekarang memang serba instan. Hampir semua yang kita perlukan tersedia di supermarket. Namun, soal makanan bayi ini, cobalah bunda sempatkan mempersiapkan sendiri dengan bahan-bahan alami dan segar. Bagaimanapun juga, makanan yang dipersiapkan sendiri tentu lebih baik dilihat dari segi gizi, kesehatan dan  higienisnya. Pastinya juga bebas dari bahan pengawet kan?

Hal-hal yang penting diperhatikan dalam menyiapkan makanan bayi dan batita adalah :
  1. Pemilihan bahan pangan yang cocok baik jenis, kualitas dan kuantitas.
  2. Perlakuan terhadap bahan pangan
  3. Peralatan yang digunakan
  4. Higienis dan sanitasi
  5. Penyusunan menu makanan untukbayi dan batita.

Karena sistem pencernaan bayi relatif belum sempurna maka pemilihan bahan pangan yang akan diberikan untuk bayi hendaknya disesuaikan dengan usia.

Berikut ini panduannya :

a. Usia 4 s.d 6 bulan.

Pada usia ini sudah dapat diberikan buah-buahan dan sayuran seperti pisang ambon, apel, alpokat, pepaya, pear, wortel, bayam, labu kuning, kentang, ubi jalar, jagung manis dan sebagainya.

b. Usia 7 s.d 9 bulan

Pada usia ini sudah dapat ditambahkan protein hewan seperti kuning telur dan ikan.

c. Usia 9 s.d 12 bulan

Bahan makanan yang dapat diberikan di usia ini adalah makanan berbahan dasar tepung seperti roti, pasta dan lain-lain. Ada juga sumber protein hewani seperti ayam kampung, daging, susu,  dan produk olahannya. Selain itu juga sayuran dalam bentuk utuh yang direbus untuk latihan mengunyah seperti brokoli, wortel, buncis dan sebagainya. (www.karimafood.com)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

×

Assalamualaikum wr wb.

Silakan chat via WA atau email ke admin@karimafood.com

× Chat CS