Beberapa Cara Untuk Memperbaiki Perilaku Anak

Beberapa Cara Untuk Memperbaiki Perilaku Anak

Tidak sedikit orang tua yang merasa kebingungan tentang bagaimana cara untuk menasehati anak-anak. Berbagai cara kadang sudah dilakukan tapi seolah-olah cara-cara tersebut sudah tidak mempan untuk mengubah perilaku anak. Beberapa cara  alternatif berikut ini bisa Ayah Bunda terapkan ya.

  1. Cara Membuat Anak Menjadi Disiplin.

Mendengar kata disiplin mungkin yang terbayang dalam benak kita adalah sifat galak. Ini tidak benar ya Ayah Bunda. Menerapkan kedisiplinan kepada anak bukan berarti kita harus galak atau sering marah-marah kepada anak kita. Ada tiga hal yang sangat penting dalam aspek disiplin ini. Tiga hal tersebut adalah ketegasan, konsistensi, dan konsekuensi. Untuk mudah mengingatnya, bisa kita sebut 3 K.

Sebagai contoh kita ingin anak kita disiplin terkait dengan agenda sehari-hari. Maka kita perlu membuat jadwal yang disepakati bersama antara orang tua dengan anak. Jika anak sudah bisa membaca maka alangkah baiknya jadwal tersebut ditulis kemudian ditempel di dinding kamar anak. Tambahkan kolom konsekuensi jika anak melakukan agenda sesuai jadwal atau tidak sesuai. Misalnya anak melakukan agenda sesuai jadwal, maka berilah tanda positif. Namun jika anak  tidak melakukan yang sesuai dengan jadwal, maka berilah tanda negatif.

Dalam hal kedisiplinan ini, maka contoh atau teladan dari kedua orang tua sangat penting ya Ayah Bunda. Anak adalah peniru yang ulung, maka jangan berikan mereka contoh yang buruk untuk mereka.

  1. Mengajarkan Anak Agar Mampu Mengelola Uang dengan Baik.

Kita tentu ingin anak kita tidak menghambur hamburkan uang. Tentu tidak jarang kita mengingatkan anak agar rajin menabung. Walau demikian. konsep menabung ini bukanlah sesuatu yang selalu mudah dipahami anak. Oleh karena itu, kita perlu melakukan beberapa cara agar anak mau menabung dan mengelola uangnya dengan baik.

Cara terbaik untuk mengajarkan anak agar mampu mengelola keuangan dengan baik adalah dengan mengajak anak mempraktekkan pengelolaan uang tersebut. Bagaimana cara prakteknya? Lakukan ketika anak mengalami proses menerima uang, misalnya ketika hari raya dan anak menerima banyak uang saku baik dari orangtua maupun kerabat yang lain. Jelaskan kepada anak tentang apa itu uang dan apa fungsi uang. Berikan pula penjelasan yang mampu dicerna anak Mengapa uang yang sekarang ia miliki sebaiknya tidak langsung dihabiskan pada hari itu juga.  Tentu ini tidak mudah karena bagaimana anak akan mengerti manfaat menabung ketika manfaat itu akan dia dapatkan di waktu yang akan datang? Jadi perlu sabar dalam menjelaskan ya Ayah Bunda.

  1. Memancing Rasa Ingin Tahu Anak Agar Anak Rajin Belajar Tanpa Merasa Dipaksa.

Anak yang masih kecil seringkali belum mau melakukan aktivitas belajar dengan sukarela tanpa diperintah oleh orang tuanya. Akan tetapi, ketika orang tua memaksa anaknya untuk belajar, bisa jadi anak akan merasa tidak suka dan kurang nyaman. Oleh karena itu, belajar pun seakan menjadi suatu aktivitas yang menyebalkan bagi anak.

Idealnya belajar merupakan suatu proses alami yang bisa dilakukan anak tanpa adanya perintah apalagi paksaan dari orang yang sudah dewasa. Caranya adalah dengan memancing rasa ingin tahu anak terhadap sesuatu hal. Belajar bisa diawali dengan memancing ketertarikannya terhadap buku. Seorang anak sudah biasa memiliki rasa penasaran tertentu terhadap suatu hal. Berikan sedikit penjelasan kemudian sampaikan informasi bahwa penjelasan tuntas tentang apa yang ingin ia ketahui ada penjelasannya di dalam buku.  Ayah Bunda tinggal menunjukkan buku tersebut dan anak pun akan terpancing untuk membaca buku tersebut untuk memuaskan rasa ingin tahunya. Setelah anak membaca, bisa jadi ia akan bercerita kepada orang tuanya mengenai isi buku yang telah ia baca. Berikanlah apresiasi dan komentar terhadap apa yang ia sampaikan. Dengan demikian ia akan merasa suka dan akhirnya menjadi gembira untuk membaca buku-buku lainnya.

Demikian beberapa cara praktis dalam memodifikasi suatu perilaku anak dengan cara yang mudah. Semoga bermanfaat ya Ayah Bunda. (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *