Cara Membantu Pertumbuhan Otak Bayi

Cara Membantu Pertumbuhan Otak Bayi

blankAyah Bunda tentu ingin anak-anak kita tumbuh menjadi generasi yang cerdas ya. Nah, salah satu hal yang penting diperhatikan adalah masalah pertumbuhan otak bayi. Selain faktor gizi, ada hal lain yang juga harus Ayah Bunda perhatikan. Beberapa hal berikut ini bisa dilakukan ya Ayah Bunda :

Pertama, Kontak Mata dengan Bayi.

Aktivitas ini dipercaya bisa membantu membuat sel-sel otak bayi untuk saling  terhubung. Menurut Dr. Jean Clinton dari McMaster University, Kanada, kontak mata adalah koneksi yang sederhana namun terbaik.

Kedua, Berbicara.

Bayi sudah bisa mendengar suara sejak di dalam kandungan. Oleh karena itu, sangatlah baik untuk sering berbicara dengan bayi.

Ketiga, Menyentuh Bayi.

Pelukan dan ciuman yang lembut dari ibu,akan membuat bayi merasa terlindungi dan merasa aman. Hal ini bisa membantu membuat koneksi antar sinap sel otak bayi.

Keempat, Mengenalkan pada Aroma.

Bayi bisa mengenali ibunya, awalnya justru bukan dari wajah. Tetapi justru dari aromanya. Menurut Denise Davy dari Canadian Institute of Research, aroma yang berbeda bisa menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan otak bayi. Jadi sangat baik untuk mengajak bayi berjalan-jalan di sekitar rumah untuk mengetahui aroma bunga, tanah, dan lain sebagainya.

Kelima, Memberikan Respon.

Bunda tidak perlu menunggu bayi menangis untuk merespon apa yang diinginkan bayi. Sebaiknya bayi dibuat merasa nyaman dengan merespon apa yang ia inginkan dan ia butuhkan. Bunda perlu memiliki sesitivitas sehingga bisa merasakan keresahan bayi, misalnya dari ekspresi ataupun bahasa tubuh.

Keenam, Permainan.

Bayi menyukai hal yang terprediksi dan senang memencet atau menarik suatu mainan. Demikian disampaikan oleh Adele Diamond dari Universiti of British Colombia, Kanada. Anak yang berusia 1 tahun, disarankan untuk diberi permainan yang ada tantangan dan membuat anak berlogika. Contohnya, letahkan sebuah benda yang dapat dilihat, tapi membutuhkan strategi untuk meraih benda tersebut, misalnya diletakkan di balik bantal.

Demikian beberapa cara yang bisa Ayah Bunda lakukan untuk membantu pertumbuhan otak bayi. Semoga bermanfaat ya Ayah Bunda.  (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

×

Assalamualaikum wr wb.

Silakan chat via WA atau email ke admin@karimafood.com

× Chat CS