Cerita-Cerita Pendukung agar Anak Semangat Beribadah

Cerita-Cerita Pendukung agar Anak Semangat Beribadah

Anak yang masih kecil perlu diberikan motivasi agar muncul semangatnya dalam beribadah tanpa adanya paksaan. Memaksa anak beribadah tentu akan menyiksa perasaannya. Oleh karena itu, motivasi dari dalam dirinya sendiri tentu lebih membuat anak gembira.

Bagaimana agar kita bisa lebih mudah dalam memberikan cerita pendukung kepada anak?

  1. Cobalah untuk berkeliling ke beberapa toko buku yang ada di daerah anda untuk mencari buku cerita yang bisa memotivasi anak untuk beribadah, misalnya ibadah shalat dan puasa.
  1. Rajinlah untuk mengumpulkan berbagai macam cerita pendek ataupun artikel dari majalah anak-anak muslim.
  1. Cobalah untuk mencari kesempatan ketika anak sedang dalam situasi santai dan hatinya riang. Ajaklah anak untuk tenang ataupun kegiatan bersantai lainnya misalnya duduk di kebun ataupun di karpet.
  1. Jika anak belum bisa membaca, maka cobalah untuk membacakan cerita-cerita inspiratif tadi dengan penjiwaan yang sepenuhnya. Jangan lupa untuk menggunakan ekspresi wajah yang penuh dengan semangat. Perhatikan juga intonasi suara yang naik atau turun sehingga cerita terasa benar-benar berkesan bagi anak.
  1. Belajarlah mengenai teknik bercerita yang baik di depan anak agar cerita yang kita sampaikan terdengar luar biasa bagi anak.

Ayah Bunda, perlu juga diperhatikan mengenai konten cerita ya. Pastikan konten cerita tersebut isinya tidak bertentangan dengan Al Quran ataupun As-Sunnah.

Demikian semoga bermanfaat ya Ayah Bunda. (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

×

Assalamualaikum wr wb.

Silakan chat via WA atau email ke admin@karimafood.com

× Chat CS