Ciptakan Pengalaman Makan yang Menyenangkan bagi Si Kecil

Ciptakan Pengalaman Makan yang Menyenangkan bagi Si Kecil

Pada dasarnya, cara pemberian makanan jangan terlalu memaksakan kepada bayi, yaitu dalam waktu yang cepat dan dalam jumlah yang banyak. Perlu diingat, bayi yang frustasi cenderung akan bersikap lebih baik melawan terhadap makanan. Oleh karena itu, biarkanlah ia menikmati acara makannya. Bila pengalaman pertama ini menyenangkan, untuk selanjutnya segalanya akan menjadi lebih mudah.

Berikut ini beberapa hal yang dapat Ayah Bunda lakukan agar bayi senang dan nyaman menikmati makanannya :

Pertama, siapkan diri untuk menyuap bayi dengan gembira. Jadikan acara makan sebagai saat-saat yang menyenangkan baginya sehingga ia memperoleh pengalaman positif dari acara makan.

Kedua, buat bayi merasa aman dan nyaman, baik di kursi makannya maupun di pangkuan bundanya, atau dalam gendongan. Apabila menggunakan kursi makan yang lebih tinggi, selalu gunakan sabuk pengaman yang tersedia untuk mengikat tubuhnya, agar ia tidak jatuh.

Ketiga, suasana yang asyik juga bisa menambah nafsu makan bayi. Pilihlah ruangan yang sirkulasi udaranya baik, tidak berisik, dan bersuhu sejuk. Bila perlu, acara makan sambil mendengarkan lagu kesayangannya atau sambil mendongeng.

Keempat, lakukan kontak mata dan komunikasi dengan bayi. Cobalah Bunda untuk membujuk dan merayu bayi agar mau mencoba makanannya. Bayi perlu waktu untuk belajar mengunyah dan menelan. Mungkin, pada awalnya ia akan lebih banyak memuntahkan makanannya daripada menelannya. Tidak perlu khawatir ya Ayah Bunda, itu adalah hal yang normal.

Kelima, sabar dan telaten. Bila bayi mengalihkan pandangannya, memutar kepalanya, menolak membuka mulut, atau mendorong sendok makan yang Anda sodorkan kepadanya, tidak perlu marah ya Ayah Bunda. Ajaklah bayi berbicara. Lalu coba beri makan lagi. Bila ia masih menolak, hentikanlah untuk kali ini, lalu cobalah esok hari. Bila anak masih menolak, tunda pemberian makanan yang sama untuk beberapa hari kedepan, lalu coba lagi ya Ayah Bunda.

Keenam, biarkan bayi belajar makan sendiri. Memang, kegiatan ini akan membuat diri dan keadaan sekitarnya kotor, tetapi tanpa disadari ketrampilan makanya akan semakin berkembang.

Ketujuh, ajak anak makan di meja makan bersama anggota keluarga lainnya. Dengan demikian, ia akan melihat bahwa makan adalah cara yang menggembirakan sehingga selera makannya timbul. Selain itu, kegiatan ini akan melatihnya bersosialisasi dengan orang lain.

Ayah Bunda, kita semua tentu berharap semuanya berjalan lancar dengan baik dalam waktu yang singkat. Tapi kenyataannya, perlu waktu dan upaya yang tidak kenal lelah bila Anda ingin menerapkan pola makan yang baik bagi si kecil.

Ayah Bunda harus memprioritaskan walaupun mungkin masih sibuk dengan berbagai tugas di rumah tangga, keluarga, ataupun pekerjaan lainnya. Namun apabila semua berjalan lancar dan baik, Ayah Bunda juga yang akan memetik hasilnya, selain si kecil tentunya.

Semoga bermanfaat ya ayah bunda. (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima Silakan klik : https://karimafoodcom/ke untuk bergabung GRATIS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Assalamualaikum wr wb.

Silakan chat via WA atau email ke admin@karimafood.com

× Chat CS