Jangan Menjadi Orang Tua Mal Praktik

Jangan Menjadi Orang Tua Mal Praktik

Setiap profesi membutuhkan keahlian agar profesi tersebut bisa dijalani dengan baik. Sebagai contoh, profesi dokter hanya bisa dipegang oleh orang yang sudah lulus kuliah kedokteran ditambah banyak persyaratan lainnya. Profesi guru di sekolah hanya bisa dipegang oleh orang yang juga sudah lulus pendidikan tertentu dan berbagai syarat lainnya. Ini menunjukkan bahwa setiap profesi harus dipegang oleh orang yang ahli.

Lantas, bagaimana dengan “profesi” orang tua? Kami berikan tanda petik karena aktivitas sebagai orang tua memang bukan aktivitas profesional, tetapi tetap harus dilakukan oleh orang yang ahli. Ternyata, banyak orang yang menjadi orang tua bukan karena ia sudah mempunyai keahlian sebagai orang tua. Akan tetapi ia menjadi orang tua hanya karena sudah mempunyai anak. Sementara ilmu dan keahlian tentang menjadi orang tua masih minim. Akibatnya fatal. Generasi bisa rusak parah karena banyak orang tua yang mal praktik. Ia praktik dari mengasuh anak sejak bayi hingga dewasa.

Situasi semacam ini sebenarnya tidak bisa disebut sebagai orang tua yang mendidik anak. Ia hanya sebatas membesarkan anak, bukan mendidik anak. Dengan kata lain, orang tua yang semacam ini telah menjadi toxic parents, yaitu orang tua yang justru memberikan “racun” untuk anak-anaknya. Ini terjadi karena memang praktik tanpa ilmu memadai. Wajar karena memang sampai saat ini tidak ada sekolah untuk menjadi orang tua.

Oleh karena itu, masalah besar kita hari ini bukan masalah reproduksi, tetapi regenerasi. Bagaimana kita bisa mewujudkan cara hidup yang baik pada generasi berikutnya? Insya Allah pada kesempatan mendatang akan kita kaji lebih dalam persoalan ini.

Demikian, semoga bermanfaat ya Ayah Bunda.  (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *