Karbohidrat Sumber Energi Bayi

Karbohidrat Sumber Energi Bayi

Bunda, salah satu fungsi utama makanan adalah sebagai sumber energi. Salah satu sumber energi yang dibutuhkan tubuh adalah karbohidrat. Kalau bicara karbohidrat, bunda mungkin akan langsung mengkaitkannya dengan nasi/beras. Bunda tidak salah. Nasi/beras memang menjadi makanan pokok bagi kita di Indonesia. Dan ternyata, dari berbagai penelitian oleh para ahli nutrisi, terbukti bahwa makanan berbahan dasar beras sangat dianjurkan untuk diberikan pada bayi sebagai awal pemberian makanan sapihan. Apa yang membuatnya lebih dianjurkan ketimbang yang lainnya?

Nah, ternyata makanan berbahan beras itu tidak menimbulkan alergi  dibandingkan dengan tepung lainnya. Maka, Bubur Sehat Karima dalam variasi menunya menggunakan beras putih, beras merah dan tepung beras sebagai sumber karbohidrat terbaik untuk makanan sapihan pertama.

Bunda, berikut ini beberapa fungsi karbohidrat :
1. Sebagai sumber energi.
2. Pertumbuhan otak.
3. Pembentukan sel darah merah dan sistem syaraf.
4. Membantu metabolisme protein dan lemak

Tapi bunda, bukan hanya beras lho, selainnya ada pula sumber karbohidrat lain yang cocok seperti kentang, jagung, tepung maizena, ubi kuning, ubi ungu, dan lain-lain.

Secara garis besar dan praktis, karbohidrat dibedakan menjadi 2, yaitu : gula dan pati. Sebagai ibu yang jeli harus memilih sumber karbohidrat yang alami/natural untuk buah hatinya. Contoh gula alami : buah/sayuran tertentu dan jus buah-buahan/sayuran tertentu yang berasa manis. Contoh pati alami adalah gandum kasar, beras merah, beras tumbuk, kentang, pisang, umbi-umbian, jagung, sagu dan lain-lain. Gula dan pati alami disebut karbohidrat baik karena di dalamnya masih terkandung zat-zat gizi seperti vitamin, mineral dan serat yang penting bagi kesehatan bayi Anda.

Menurut penelitian, bayi di Asia memiliki kebiasaan untuk mengkonsumsi nasi lumat sebagai makanan sapihan. Nah, tahukah Bunda? Ternyata kebiasaan tersebut kini mulai dilakukan pula oleh masyarakat barat. Alasannya sekali lagi : nasi jarang sekali menimbulkan alergi. Jadi tidak perlu ragu menyajikan Bubur Sehat Karima dengan variasi menu setiap harinya mengikuti siklus menu tujuh harian.

Semoga bermanfaat ya Ayah Bunda. (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *