Kiat Agar Anak Mencintai Ibadah

Kiat Agar Anak Mencintai Ibadah

blank

Mempunyai anak yang mencintai ibadah tentu membahagiakan ya Ayah Bunda. Anak-anak bisa sadar melakukan sholat, puasa, tanpa harus kita paksa. Ini tentu jauh lebih baik karena ada kesadaran. Jika mengedepankan paksaan, biasanya anak akan meninggalkannya ketika pengawasan orang tua lemah, misalnya ketika orang tua sedang bepergian.

Lantas, bagaimana bisa menumbuhkan kesadaran untuk beribadah sejak dini? Berikut ini beberapa cara yang bisa Ayah Bunda lakukan :

Pertama, Penamaman Aqidah Islam sejak Dini.

Semangat beribadah akan muncul dengan sendirinya ketika manusia sadar bahwa kita adalah hamba Allah yang diperintahkan untuk menyembah-Nya. Ajaklah anak untuk belajar berpikir tentang alam, manusia, dan kehidupan ini. Darimana bisa ada, awalnya bagimana, dan nanti akan kemana? Akan sampai pada satu kesimpulan bahwa segala sesuatu itu tidak mungkin ada tanpa ada yang menciptakan, dialah Sang Pencipta. Setelah itu sampaikan bagaimana Al Qur’an mengajak manusia untuk berpikir tentang penciptanya. Bisa disampaikan bagaimana kisah perjalanan spiritual Nabi Ibrahim.

Kedua, Pembiasaan Beribadah Bersama dengan Orang Tuanya.

Suatu kebiasaan baru dengan mudah akan muncul ketika pada awalnya kita bersamai sehingga lebih menyenangkan. Oleh karena itu, sangat baik ketika orang tua mengajak anaknya bersama-sama melakukan sholat berjamaah. Tumbuhkan kebiasaan sehingga nanti pada akhirnya ketika orang tua sedang tidak di rumah, anak akan tetap melakukannya tanpa merasa berat.

Ketiga, Memahami Makna Al Qur’an.

Al Qur’an adalah kitab suci yang berbahasa Arab. Oleh karena itu, ajaklah anak untuk mempelajari makna isi Al Qur’an agar anak juga mulai bisa memahami isi kandungan Al Qur’an.

Keempat, Perbanyak Kisah Rasulullah SAW dan Nabi-nabi Sebelumnya.

Perbanyaklah cerita kepada anak tentang bagaimana Rasulullah SAW berjuang dan berdakwah, bagaimana cintanya beliau kepada umatnya, juga bagaimana pengorbanan beliau. Hal ini akan menumbuhkan rasa cinta anak kepada Rasulullah SAW sehingga anak juga akan semangat melaksanakan sunnah-sunnah beliau.

Kelima, Hafalan Ayat Al Qur’an.

Pilihlah beberapa surat atau beberapa ayat tertentu untuk dihafalkan bersama dengan anak. Ajarkan mereka artinya. Hal ini diharapkan akan menumbuhkan rasa cinta anak kepada Allah dan akan muncul semangat untuk menaati perintah-perintah-Nya.

Demikian beberapa kiat untuk menumbuhkan semangat beribadah anak. Semoga bermanfaat ya Ayah Bunda.  (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

×

Assalamualaikum wr wb.

Silakan chat via WA atau email ke admin@karimafood.com

× Chat CS