Kiat Mengganti Popok Bayi

Kiat Mengganti Popok Bayi

Berhubungan dengan bayi tentu kita akan sering berurusan dengan yang namanya Popok. Penggunaan popok harus digunakan secara benar agar bayi tetap merasa nyaman. Berikut ini beberapa tip penting mengenai penggantian popok.

  1. Keringkan kulit bayi dengan menggunakan kapas atau handuk yang bersih. Pada saat Anda mengganti popok bayi, maka jangan langsung memasang popok yang baru. Tunggu dulu beberapa saat hingga kulit bayi benar-benar jaring. Setelah kulit bayi benar-benar kering, maka barulah kita memasang popok yang baru untuk bayi.

  1. Apabila kulit bayi cenderung sensitif maka gunakanlah nappy cream. Fungsinya adalah untuk menjaga agar kulit bayi terjaga kelembabannya. Hal ini untuk mencegah terjadinya ruam popok.
  1. Gantilah popok secara berkala. Hal ini agar kulit bayi tetap terjaga dalam kondisi kering. Rentang waktu normalnya adalah sekitar 2 sampai 3 jam sekali.
  1. Sewaktu Anda melepas popok bayi, letakkan bayi telentang di atas permukaan yang datar. Lepaskan celana bayi kemudian gulung bajunya hingga ke atas dada dengan harapan agar tidak terkena kotoran bayi.
  1. Pasang popok baru dengan benar. Bagi yang pertama kali mempunyai bayi bisa jadi cara memasang popok dengan benar ini terasa sulit. Caranya, bukalah popok baru kemudian letakkan di bawah pantat bayi. Posisikan popok dalam posisi yang benar atau tidak terbalik. Bagian yang ada perekatnya posisinya seharusnya di bawah perut. Angkatlah bagian depan popok ke arah perut bayi kemudian rekatkan kedua sisi perekat di kiri dan kanan.
  1. Jangan memasang popok terlalu ketat. Anda perlu memastikan bahwa posisi popok dapat menutupi area pantat dan alat kelamin bayi dengan sempurna. Pastikan ikatan atau perekatnya tidak terlalu ketat sehingga bayi merasa nyaman.

Demikian beberapa kiat dalam mengganti popok bayi. Semoga bermanfaat ya Ayah Bunda. (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Assalamualaikum wr wb.

Silakan chat via WA atau email ke admin@karimafood.com

× Chat CS