Kiat Menjaga Kesehatan Anak Usia 1 -2 Tahun

Kiat Menjaga Kesehatan Anak Usia 1 -2 Tahun

Ayah Bunda pernah panik mengetahui kondisi anak yang sakit? Wajar ya kalau kita sebagai orang tua panik. Nah, bagaimana upaya agar anak kita khususnya yang berusia antara 1 – 2 tahun bisa sehat?

Berikut ini beberapa kiat yang bisa kita lakukab untuk menjaga kesehatannya.

Pertama, Jaga Makanan Anak.

Anak yang berusia antara 1 – 2 tahun suka memasukkan berbagai benda ke mulutnya, baik makanan ataupun bukan. Tidak jarang orang tua menganggap si anak sedang lapar kemudian memberikan makanan kepadanya. Namun jangan terburu-buru ya Ayah Bunda. Tidak semua makanan aman untuk anak. Misalnya karena aspek sulit ditelan, membuat resiko tersedak, lengket, dan lain sebagai nya. Jadi usahakan makanan yang diberikan adalah makanan yang mudah dimakan, mudah dikunyah, dan mudah ditelan.

Kedua, Tidur yang Cukup.

Pada usia ini, anak membutuhkan waktu tidur sekitar 11 – 14 jam dalam sehari. Tidur yang cukup bisa membantu tubuh anak dalam menangkal penyakit. Oleh karena itu, Ayah Bunda perlu mengkondisikan agar anak bisa tidur siang, dan pada waktu malam tidak tidur terlalu larut.

Ketiga, Lakukan Imunisasi.

Imunisasi adalah bagian dari upaya membuat sistem pertahanan tubuh anak dari berbagai serangan penyakit. Usahakan anak mendapatkan imunisasi sesuai jadwal ya Ayah Bunda.

Keempat, Rajin Cuci Tangan dan Kaki.

Kebersihan kaki dan tangan sangat penting untuk mencegah berbagai penyakit. Contoh penyakit yang bisa dicegah dengan cuci tangan dan kaki adalah diare, flu, infeksi kulit, serta infeksi saluran pernapasan. Jadi Ayah Bunda perlu ajarkan pentingnya cuci tangan dan kaki kepada anak sejak kecil ya.

Demikian beberapa kiat menjaga kesehatan anak, semoga bermanfaat.  (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Assalamualaikum wr wb.

Silakan chat via WA atau email ke admin@karimafood.com

× Chat CS