Kiat Merawat Gigi Bayi

Kiat Merawat Gigi Bayi

Semenjak gigi pertama bayi muncul, setiap 4 bulan, bayi akan mempunyai tambahan sebanyak 4 gigi. Sebagai contoh, gigi pertama muncul pada usia 7 bulan, maka bayi sudah akan mempunyai 4 gigi, dan nanti di usia 15 bulan akan memiliki 8 gigi, seperti itu seterusnya.

Pada umumnya, gigi pertama bayi mulai muncul saat bayi berusia 6 bulan. Tetapi hal ini masih bisa ditunggu sampai nanti berusia 24 bulan.

1. Gunakan sikat gigi yang sesuai dengan usia bayi.
a. Pada usia 0-11 bulan, gunakan sikat gigi dengan karet lembut.
b. Pada usia 12 bulan, gunakan sikat gigi berbulu lembut.
c. Pada usia 2 tahun atau lebih, gunakan sikat gigi balita.

2. Apabila bayi sudah mulai mempunyai gigi, gunakan teether atau mainan yang empuk yang terbuat dari plastik/karet yang berisi air. Hal ini bisa memberikan efek yang nyaman untuk bayi. Alternatif lainnya gunakan pisang beku untuk memberikan rasa nyaman pada gigi bayi. Caranya, potong-potong dalam ukuran yang kecil, kemudian simpan dalam freezer selama 3 sampai 4 jam. Setelah itu berikan pada bayi untuk digigit-gigit atau dihisap.

Demikian beberapa cara yang bisa digunakan untuk merawat gigi bayi. Semoga bermanfaat ya Ayah Bunda. Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

×

Assalamualaikum wr wb.

Silakan chat via WA atau email ke admin@karimafood.com

× Chat CS