Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil

Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil

Saat sedang hamil, Ibu memerlukan gizi yang lebih dari kondisi biasanya. Hal ini diperlukan agar didapatkan janin yang sehat dan kuat.

Kita tentu ingin memiliki anak yang sehat dan kuat serta jauh dari masalah. Hal ini memerlukan sebuah gaya hidup yang sehat. Ibu yang mengalami kekurangan zat tertentu, bisa mengalami gangguan kesehatan yang berakibat pada janin dan kehamilan yang bermasalah. Oleh karena itu, mulai sekarang, cobalah untuk mengatur pola makan Anda agar kebutuhan untuk janin dan tubuh Anda bisa terpenuhi.

Apa saja zat gizi penting tersebut?
Perhatikan beberapa hal berikut ya Bunda :

Pertama, Protein.
Protein adalah zat gizi yang sangat penting untuk membangun dan memelihara sel dan jaringan tubuh kita agar jika hamil maka siap untuk membangun plasenta janin.

Menurut badan kesehatan dunia (WHO), dianjurkan agar wanita usia subur yang hamil mengonsumsi makanan sumber protein sebesar 10% – 15% dari total kalori atau sebesar 69 gram setiap hari. Jumlah protein yang harus tersedia sampai akhir kehamilan diperkirakan adalah sebesar 925 gram protein yang tertimbun di dalam jaringan tubuh ibu, plasenta, dan janin.

Sumber protein terdiri dari dua sumber ya Bunda. Ada protein hewani dan ada protein nabati. Protein nabati terdapat pada misalnya makanan seperti kacang-kacangan, tahu, dan tempe. Sementara itu, protein hewani yang baik terdapat pada daging tanpa lemak, ikan, telur, ayam tanpa kulit, susu dan hasil olahannya.

Kedua, Kalsium.
Kalsium adalah zat gizi yang juga penting untuk ibu hamil. Seorang wanita yang hamil harus memiliki tulang yang sehat untuk menunjang kehamilannya. Apabila ada seorang wanita hamil yang kekurangan kalsium, maka janin akan mengambil cadangan kalsium dari tulang Ibu. Hal inilah yang membuat meningkatnya resiko osteoporosis pada wanita di waktu yang akan datang.

Kebutuhan kalsium yang dibutuhkan untuk wanita usia subur kurang lebih sekitar 800 miligram. Sewaktu hamil, kebutuhan ini meningkat pesat yaitu menjadi sekitar 1.200 miligram atau ada penambahan sekitar 400 miligram kalsium setiap hari. Sumber kalsium yang baik diantaranya adalah susu dan olahannya, sayuran berdaun hijau, ikan, dan kacang-kacangan.

Ketiga, Asam Folat.
Asam folat adalah zat yang berfungsi mengurangi resiko cacatnya bayi yang lahir, terutama pada otak dan sumsum tulang belakang. Asam folat ini sangat bermanfaat pada 28 hari pertama setelah terjadi pembuahan. Pada waktu trimester awal, asam folat diperlukan untuk memproduksi sel-sel dan bahan-bahan buat genetik pada janin. Oleh karena itu, wanita harus mengkonsumsi asam folat sejak sebelum pembuahan dan harus terus dikonsumsi selama wanita tersebut hamil.

Keempat, Vitamin D.
Vitamin D adalah zat yang sangat diperlukan untuk membantu proses penyerapan kalsium di dalam tubuh wanita hamil. Vitamin D juga berfungsi untuk membantu proses pembentukan dan pemeliharaan tulang dengan cara mengatur agar kalsium dan fosfor tersedia di dalam darah untuk diendapkan pada proses pengerasan tulang. Kebutuhan vitamin D untuk wanita pada kondisi normal adalah sekitar 5 mikrogram setiap hari. Pada saat wanita sedang hamil, vitamin D yang dibutuhkan bisa meningkat sampai 2 kali lipatnya yaitu 10 mikrogram per hari.

Apa saja sumber vitamin D? Sinar matahari adalah sumber vitamin D yang sangat mudah didapatkan. Selain itu, makanan hewani yang mengandung banyak vitamin D adalah misalnya kuning telur, hati, dan mentega.

Kelima, Zat Besi.
Pada saat wanita hamil, kebutuhan zat besi meningkat sangat pesat. Tubuh akan menimbun zat besi kurang lebih 1.040 miligram selama kehamilan. Dari jumlah ini, 200 miligram zat besi akan tertahan di dalam tubuh, sementara sisanya yaitu sebesar 840 miligram akan hilang ketika seorang wanita melahirkan.

Beberapa makanan berikut merupakan sumber zat besi yang baik untuk dikonsumsi yaitu daging unggas kacang-kacangan dan gandum.

Demikian, semoga bermanfaat ya Bunda. Semoga bisa hamil dengan lancar dan didapatkan anak yang sholeh dan sholihah. Aamiin. (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

×

Assalamualaikum wr wb.

Silakan chat via WA atau email ke admin@karimafood.com

× Chat CS