Melatih Sensori Motor pada Anak

Melatih Sensori Motor pada Anak

blank

Pada tahap ini yaitu usia 0-2 tahun, pertumbuhan kemampuan anak nampak dari kegiatan motorik dan persepsinya yang sederhana. Bagaimana cara yang bisa Ayah Bunda lakukan untuk melatih anak pada tahap ini?

Berikut ini beberapa tips yang bisa Ayah Bunda lakukan.

Pertama, Sentuhan

Melakukan permainan atau kegiatan ringan yang memerlukan kegiatan otot. Bisa juga dengan memanfaatkan tekstur atau benda di sekitar rumah. Alternatif lainnya adalah dengan mengusap binatang peliharaan, berpelukan.

Kedua, Ajak Lihat Sesuatu.

Ayah Bunda bisa melakukan eksperiman dengan berbagai macam cahaya, bisa juga dengan eksplorasi warna. Cara lainnya dengan bermain puzzle, tracing bagian tubuh, atau bermain cilukba.

Ketiga, Perdengarkan Suara

Ajak anak mendengarkan bacaan murotal Al Qur’an. Bisa juga dengan mengajak anak mendengarkan bermacam-macam bunyi yang berbeda. Cara lainnya dengan bereksperiman dengan volume suara.

Keempat, Mengenalkan Macam-macam Bau.

Ajaklah anak ke dapur dan kenalkan pada berbagai macam arima bumbu dapur yang berbeda-beda. Bisa juga dengan mengajaknya berkeliling di sekitar rumah untuk dikenalkan pada bau rumput, bau bunga, bau tumbuh-tumbuhan, dan lain sebagainya.

Kelima, Mengenalkan Rasa.

Kenalkan anak pada beberapa jenis makanan yang berbeda, misalnya makanan beku dibandingkan dengan makanan yang hangat, makanan yang asin dibandingkan dengan yang manis, dan lain sebagainya. Bisa juga dengan mengajak anak mencoba makanan yang membutuhkan gerakan menghisap atau menghirup.

Demikian beberapa tips melatih sensori motor anak. Semoga bermanfaat. (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

×

Assalamualaikum wr wb.

Silakan chat via WA atau email ke admin@karimafood.com

× Chat CS