Memilih Mainan yang Tepat untuk Anak Usia 1 Tahun

Memilih Mainan yang Tepat untuk Anak Usia 1 Tahun

Masa anak-anak adalah masa bermain dan belajar. Sudah sepantasnya anak-anak bermain dengan berbagai mainan yang disukai anak. Namun, apakah setiap mainan baik untuk dimainan anak? Belum tentu ya Ayah Bunda. Kita perlu memperhatikan banyak aspek terkait mainan anak. Jangan sampai justru ada resiko bahaya terkait mainan yang dimainkan anak.

Nah, untuk anak yang usianya baru 1 tahun, mainan seperti apa yang baik untuknya? Tentu kita perlu memahami kondisi anak usia 1 tahun. Pada umumnya, anak usia 1 tahun sudah mulai suka meniru perilaku orang-orang di sekitarnya, misalnya pura-pura naik sepeda motor. Anak juga sudah mulai mengerti beberapa ucapan orang tuanya. Rasa ingin tahu anak juga sudah mulai muncul sehingga ia suka berganti mainan.

Setelah memahami kondisi anak usia 1 tahun tersebut, lantas mainan apa yang tepat untuknya? Silakan perhatikan beberapa hal berikut ya Ayah Bunda.

Pertama, Mainan Rumah-rumahan atau Kemah-kemahan.

Permainan ini khususnya yang bisa dimasuki anak, akan merangsang anak untuk bergerak dengan cara merangkak atau berjalan. Ini bagus untuk perkembangan fisik anak karena bisa merangsangnya untuk berlatih berjalan dan bergerak. Selain itu, rasa ingin tahu anak juga akan terangsang dan tersalurkan. Ayah Bunda bisa memanfaatkan kain atau selimut untuk membuat tenda kecil yang bisa dibuat menyerupai rumah atau tenda.

Kedua, Mainan Kendaraan.

Mainan seperti mobil-mobilan atau yang sejenis, khususnya yang bisa dinaiki anak dan digerakkan dengan kaki, bagus untuk perkembangan anak. Mainan ini bisa merangsang perkembangan fisik anak khususnya kaki. Anak juga akan tersalurkan rasa ingin tahunya karena dapat berkeliling di sekitar rumah. Anak juga akan belajar berkomunikasi dan menerima instruksi dari orang tuanya, misalnya : stop, belok kanan, belok kiri, dan lain sebagainya.

Ketiga, Mengenal Binatang dan Benda-benda

Permainan ini adalah dengan menunjukkan gambar-gambar binatang atau benda-benda kepada anak. Ayah Bunda bisa membeli poster bergambar binatang, kemudian mengenalkannya kepada anak. Setelah itu Ayah Bunda bisa bermain tebak-tebakan dengan menunjuk satu gambar binatang dan meminta anak menyebutkan namanya. Permainan ini akan mengajari anak belajar berbicara, juga berlatih mengingat informasi yang diberikan.

Demikian beberapa contoh mainan yang cocok untuk anak usia 1 tahun. Semoga bermnfaat ya Ayah Bunda.  (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *