Menanamkan Sikap Rendah Hati kepada Anak

Menanamkan Sikap Rendah Hati kepada Anak

Rendah hati merupakan perilaku tidak sombong dan tidak angkuh. Berkata yang santun berarti juga merendahkan suara. Ini sebagai perwujudan dari keinginan untuk mengakui juga menerima kelebihan maupun kekurangan diri sendiri. Tutur kata yang santun dan sopan merupakan ciri dari orang yang mempunyai sikap rendah hati. Tentu saja, lazimnya sikap ini akan membuat orang lain menyukainya. Sikap rendah hati juga akan berpengaruh pada kemampuan anak untuk mau menghargai orang lain.

Sikap rendah hati ini tentu saja harus kita mulai dari diri kita sendiri. Tidaklah mungkin kita berharap anak kita akan mempunyai sikap rendah hati ketika orang tuanya justru bersikap sombong dan angkuh.

Beberapa cara berikut ini bisa digunakan untuk menanamkan rasa rendah hati kepada anak.

  1. Sebagai orang tua, sudah semestinya kita memberikan contoh kepada anak untuk sikap rendah hati. Contohnya adalah, ucapkanlah terima kasih ketika anak melakukan apa yang kita perintahkan. Bisa juga dengan memberikan pujian sewajarnya ketika anak melakukan sesuatu yang baik, misalnya mereka membaca buku.
  1. Cara lain yang bisa dilakukan adalah, ketika memerintah anak gunakan kata tolong. Dengan demikian, maka harapannya anak akan meniru hal yang sama ketika ia membutuhkan bantuan.
  1. Pahamkan kepada anak bahwa setiap manusia yang hidup di dunia ini berhak untuk dihormati dan dihargai. Termasuk di antaranya adalah anak-anak kecil, orang yang sudah sangat tua, orang yang miskin, orang yang tidak punya status sosial tinggi, dan sebagainya. Jangan sampai kita nampak bersikap merendahkan kepada orang-orang yang biasanya dianggap berstatus sosial rendah tersebut. Berikan pemahaman kepada anak bahwa setiap manusia sebenarnya adalah sama dihadapan Allah, yang membedakan di sisi Allah adalah ketakwaannya.

Allah berfirman :

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (TQS AL Hujurat : 13).

Apabila setiap orang di dunia ini mempunyai sikap rendah hati, tentu saja dunia ini akan terasa lebih indah dan nyaman untuk kita tinggali. Oleh karena itu, mari kita mulai dari diri kita sendiri, dari keluarga kita sendiri.

Apa indikasi anak-anak kita sudah mempunyai sikap rendah hati?

  1. Anak mampu menunjukkan sikap peduli kepada orang lain, baik ketika berkomunikasi langsung maupun ketika berhubungan tidak langsung.
  1. Anak mampu menunjukkan sikap menghargai karya orang lain baik secara verbal maupun non verbal.

Demikian, semoga bermanfaat ya Ayah Bunda. (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

×

Assalamualaikum wr wb.

Silakan chat via WA atau email ke admin@karimafood.com

× Chat CS