Mengajarkan Sikap Bersungguh-Sungguh Pada Anak

Mengajarkan Sikap Bersungguh-Sungguh Pada Anak

Bersungguh-sungguh merupakan sifat berusaha dengan sekuat-kuatnya, dengan segenap kemampuan hati, dan kemampuan lainnya agar dapat meningkatkan kualitas kerja. Dengan bersungguh-sungguh, maka akan memberi anak semangat pada diri untuk maju. Anak akan meraih prestasi terbaik dari kemampuan yang diusahakan optimal, memfokuskan energi, dan berbagai hal lainnya untuk melaksanakan kegiatan sampai dengan selesai. Walaupun mungkin keadaannya sedang sulit, harus tetap diusahakan melakukan kegiatan hingga berjalan dengan tuntas.

Dahulu, Ibnu Abbas yang pada saat itu masih di usia yang belia, pernah mengajak salah seorang pemuda anshar untuk mencari ilmu, berguru kepada para sahabat. Namun ternyata pemuda itu menolak. Katanya, selama masih banyak sahabat, maka kaum muslimin tidak butuh orang-orang muda. Ibnu Abbas pun meninggalkannya. Tidak menyerah, tetap menimba ilmu kepada para sahabat.

Dalam kesempatan lain, Ibnu Abbas mendatangi seorang sahabat yang mendengar sebuah hadits langsung dari Rasulullah SAW. Sesampai di rumah sahabat tersebut, ternyata sahabat tersebut sedang istirahat siang. Beliau tetap sabar menanti di depan rumahnya, meski debu-debu yang terbawa angin menghinggapi wajahnya.

Sampai akhirnya sahabat itu keluar. Tatkala melihat Ibnu Abbas, sahabat itu pun kaget dan bertanya, “Anak paman Rasulullah? Apa yang membuat engkau datang? Tidakkah engkau utus seseorang kepadaku agar aku bisa mendatangimu.”

Dengan rendah hati Ibnu Abbas menjawab : ” Tidak, saya yang lebih berhak untuk mendatangimu. Telah sampai kepada saya satu hadis darimu, bahwasanya engkau mendengarnya dari Rasulullah. Maka saya ingin mendengarnya langsung darimu.”

Setelah beberapa waktu, pemuda anshar yang dulu menolak untuk menuntut ilmu melihat orang-orang berkumpul di sekeliling Ibnu Abbas. mereka menimba ilmu dari beliau bertanya tentang permasalahan agama kepada beliau. Dia pun berkata, “Sejak dulu, pemuda ini lebih cerdas daripada saya.”

Berikut ini beberapa cara untuk memompa semangat agar berprestasi pada anak :

  1. Bantulah anak menyusun visi dan target masa depannya. Buatlah gambaran besar apa yang ingin diraih anak di masa depannya.
  1. Biasakan anak untuk tidak menyia-nyiakan waktunya.
  1. Aturlah anak agar ia melakukan hal-hal yang ia sukai tapi dalam hal-hal yang positif.
  1. Suasanakan kegembiraan dalam setiap proses yang dilalui oleh anak.
  1. Tidak perlu memarahi anak atau menunjukkan kesedihan kepada anak ketika ada hal-hal yang gagal.

Demikian semoga bermanfaat ya Ayah Bunda. (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

×

Assalamualaikum wr wb.

Silakan chat via WA atau email ke admin@karimafood.com

× Chat CS