Mengatur Penggunaan Gadget untuk Anak

Mengatur Penggunaan Gadget untuk Anak

Pada era digital seperti ini, tentu sangat sulit memisahkan anak dari smartphone, tablet, televisi ataupun laptop/pc desktop. Padahal banyak riset yang menyatakan bahwa penggunaan gadget secara berlebihan justru akan menimbulkan dampak negatif bagi perkembangan anak. Menurut WHO, pengenalan gadget yang terlalu awal kepada anak-anak dapat  menyebabkan terganggunya proses tumbuh kembang, misalnya terlambat berbicara maupun gangguan dalam hal kemampuan berbahasa. Dampak negatif lainnya adalah kualitas tidur anak akan berkurang, sehingga menyebabkan terjadinya perubahan emosi yang tidak terkontrol. Sementara itu, dampak sosial juga bisa muncul misalnya interaksi antara anak dengan teman-temannya akan menjadi sangat kurang. Ini belum termasuk dampak negatif lain yang lebih berbahaya, misalnya anak bisa terpapar konten dewasa ataupun konten kekerasan.  Tentu hal tersebut dapat mempengaruhi perilaku anak menjadi negatif.

Anak-anak di bawah usia 2 tahun sebenarnya tidak direkomendasikan untuk bermain komputer, game, video, atau smartphone. Sementara itu, untuk anak yang usianya di atas 2 tahun, direkomendasikan hanya menggunakan gadget dalam waktu 1 hingga 2 jam perhari. Oleh karena itu, orang tua sebaiknya tidak membiarkan anak usia di bawah 2 tahun untuk menonton televisi. Sebaiknya anak diajak melakukan kegiatan atau aktivitas lain yang dapat merangsang tumbuh kembang anak. Contoh kegiatan yang bisa dilakukan adalah melakukan olahraga, melakukan hobi kreatif, membacakan buku cerita, atau mengajak anak bermain peran.

Gadget bukanlah solusi untuk anak yang sedang rewel, menangis, susah makan, atau tidak mau tidur. Ayah Bunda jangan langsung memberikan gadget untuk membuat anak tenang atau agar anak tidak menangis lagi.

Bagaimana agar ketika anak menggunakan gadget dapat lebih terkendali? Beberapa cara berikut dapat dilakukan ya Ayah Bunda :

  1. Batasan waktu.

Anak-anak di atas 2 tahun, mereka memang boleh menggunakan gadget, namun pastikan memberikan batasan waktunya, misalnya untuk menonton televisi atau bermain video game waktunya paling lama adalah 2 jam setiap hari.

  1. Hati-hati memilih program.

Ayah Bunda perlu untuk mengetahui dan membantu anak memilih program, aplikasi, tayangan yang memiliki kualitas yang baik. Pastikan semua hal tersebut merupakan produk yang cocok untuk dimainkan atau ditonton oleh anak.

  1. Dampingi anak saat menonton televisi.

Ayah Bunda perlu mendampingi anak saat menonton televisi, agar bisa mengawasi juga mengetahui apa yang dilakukan anak ketika menonton televisi. Selain itu juga bisa mengetahui tayangan apa yang sedang ditonton oleh anak.

  1. Kamar tidur tidak ada televisi.

Kamar tidur merupakan ruang yang di desain untuk beristirahat. Oleh karena itu, jangan memberikan fasilitas pesawat televisi di dalam kamar tidur. Adanya pesawat televisi di kamar tidur bisa mengakibatkan istirahat anak menjadi terganggu.

  1. Buat aturan yang tegas.

Menonton televisi atau menggunakan gadget hanya boleh dilakukan di waktu-waktu yang telah ditentukan. Jangan menggunakannya di waktu yang seharusnya digunakan untuk belajar atau seharusnya digunakan untuk istirahat. Terapkan aturan ini dengan tegas. Jangan menyerah saat anak menangis dan merengek-rengek agar diperbolehkan bermain gadget.

  1. Jadikan bermain gadget sebagai hadiah.

Bermain gadget memang sesuatu yang menyenangkan bagi anak dari. Oleh karena itu, bisa diperlakukan sebagai hadiah bagi anak. Misalnya setelah anak selesai melakukan kegiatan belajar atau aktivitas lain yang bermanfaat, berikanlah kesempatan kepada anak untuk bermain gadget seperlunya.

  1. Bicarakanlah tentang program atau tayangan yang ditonton oleh anak.

Cobalah untuk bertanya kepada anak, apa pendapat mereka atau perasaan mereka ketika mereka menonton suatu tayangan televisi. Berikanlah kesempatan kepada mereka untuk menceritakan bagaimana perasaan mereka setelah selesai menontonnya. Apa karakter yang mereka sukai dan apa karakter yang mereka tidak sukai.

  1. Permainan bebas merupakan sesuatu yang sangat penting.

Bermain bebas yang tidak berkaitan dengan gadget merupakan sesuatu hal yang sangat penting dan bisa merangsang kreativitas anak. Jadikanlah ini prioritas bagi kegiatan anak terutama yang usianya lebih kecil.

Demikian beberapa tips tentang gadget bagi anak. Bermanfaat ya Ayah Bunda.  (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

×

Assalamualaikum wr wb.

Silakan chat via WA atau email ke admin@karimafood.com

× Chat CS