Mengenal Retardasi Mental Bagian 2

Mengenal Retardasi Mental Bagian 2

Pada pembahasan sebelumnya telah dibahas mengenai jenis-jenis retardasi mental. Kali ini akan dilanjutkan mengenai hal – hal yang dapat dilakukan untuk membangun kemandirian anak retardasi mental.

  1. Memilihkan Sekolah

Anak dengan retardasi mental ringan seringkali tidak tampak mengalami gangguan. Biasanya gangguan terdeteksi saat anak bermasalah dalam hal akademik. Oleh karena itu, sebagai orang tua harus bijak dalam memilihkan sekolahnya. Untuk memilihkan sekolah untuk anak dengan kebutuhan khusus, seperti retardasi mental ini, maka bisa dengan mencari tahu pada psikolog atau dapat dimasukkan di Sekolah Luar Biasa.

  1. Melatih Kemampuan Berbahasa Anak

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah melatih kemampuan berbahasa anak. Perkenalkanlah kosakata baru secara perlahan kepada anak. Dengan mempelajarinya, anak akan mudah berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Ajari kosakata percakapan sehari-hari untuknya.

  1. Ajarkan Anak agar Aktif

Seringkali anak retardasi mental mempunyai sedikit pilihan terkait kegiatan yang dapat ia lakukan. Sebagian besar anak yang mengalami retardasi mental hanya mendengarkan radio atau menonton televisi. Hal ini justru kurang baik untuknya, karena anak menjadi pasif. Sebaiknya anak diajarkan kegiatan yang membuatnya berinteraksi dengan yang lainnya. Mereka juga dapat diarahkan untuk melakukan kegiatan seperti melukis dan lain sebagainya.

  1. Perkembangan Seksual

Edukasi tentang seksual juga perlu diperhatikan. Ajarkan anak untuk mengetahui dan memahami tentang pubertas, misalnya mimpi basah ataupun menstruasi. Berikan juga pengertian pada anak agar dirinya tidak terjebak pelecehan seksual. Orang tua dapat menemui dokter ataupun psikolog yang dapat memberikan edukasi seksual pada anak.

  1. Persiapkan Bekal Masa Depan

Pelatihan keterampilan sangat baik untuk anak dengan retardasi mental ringan. Hal ini bisa membantunya untuk hidup mandiri. Ajarkan pula etika, waktu hingga kemampuan untuk melakukan pekerjaan sederhana.

Demikian, semoga bermanfaat ya Ayah Bunda. (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

×

Assalamualaikum wr wb.

Silakan chat via WA atau email ke admin@karimafood.com

× Chat CS