Mengenalkan Makanan Halal kepada Anak

Mengenalkan Makanan Halal kepada Anak

Halal dan haram makanan merupakan perkara yang sangat penting bagi umat beragama. Dalam sebuah hadits disebutkan : Tidak akan masuk surga siapa saja yang dagingnya tumbuh dari makanan yang haram. Neraka lebih utama untuknya. (HR Ahmad).
Oleh karena itu, sejak dini kita perlu membiasakan anak untuk hanya mengonsumsi makanan yang halal. Beberapa cara berikut ini bisa dilakukan ya Ayah Bunda.

  1. Menunjukkan label halal.

Berbagai makanan yang beredar di pasaran, sudah memiliki label halal yang resmi. Tunjukkanlah kepada anak, makanan yang sudah memiliki label halal. Ini adalah salah satu cara paling mudah untuk mengenali sebuah makanan halal atau haram. Di sini perlu diberi catatan, makanan yang tidak ada label halal bukankah berarti pasti haram. Akan tetapi, kita perlu lebih berhati-hati apabila menemukan makanan yang tidak ada label halalnya.

  1. Menjelaskan kandungan sebuah makanan.

Berbagai produk makanan yang beredar di pasaran, biasanya sudah mencantumkan bahan-bahan yang menjadi kandungan makanan tersebut. Kenalkanlah anak mengenai bahan-bahan tersebut.

  1. Jelaskan status halal haram kanan ditinjau dari cara memperolehnya.

Makanan yang halal tidak hanya dari sisi zatnya, tetapi juga cara perolehannya. Suatu makanan yang secara zat halal, tetapi apabila ia diperoleh dengan cara yang haram, maka makanan tersebut menjadi haram untuk dimakan. Misalnya, buah yang didapatkan dengan cara mencuri di halaman rumah orang lain tanpa izin pemiliknya adalah makanan yang haram untuk kita makan.

Demikian beberapa cara dalam mengenalkan makanan halal kepada anak. Semoga bermanfaat ya Ayah Bunda. (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

×

Assalamualaikum wr wb.

Silakan chat via WA atau email ke admin@karimafood.com

× Chat CS