Mengenalkan Olahraga Kepada Anak

Mengenalkan Olahraga Kepada Anak

Pada usia dini, olahraga untuk anak sebenarnya hanya merupakan aktivitas fisik “bergerak” yang sangat erat kaitannya dengan dunia anak yaitu bermain. Diantaranya adalah berlari, bersepeda, bermain sepakbola, dan sejenisnya. Tujuan olahraga pada anak fokusnya adalah mempertahankan berat badan ideal. Selain itu, juga untuk membantu perkembangan fisik anak sesuai dengan usianya, meningkatkan kekuatan otot dan tulang, serta mengurangi risiko diabetes tipe 2, hipertensi, serta peningkatan kolesterol darah.

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa olahraga juga bisa berfungsi untuk mengurangi tingkat stres pada anak, meningkatkan kepercayaan diri, fokus belajar, serta membuat kualitas tidur pada malam hari menjadi lebih baik, juga bisa menjaga kestabilan emosi anak.

Aktivitas fisik berupa olahraga ini bisa dilakukan oleh anak pada usia berapa pun termasuk bayi yang baru lahir. Tentu dengan memperhatikan atau menyesuaikan dengan jenis olahraganya ya Ayah Bunda. Olahraga harus disesuaikan dengan usia anak. Dengan kegiatan olahraga ini, maka anak juga bisa menjadi dijauhkan dari gadget. Seperti kita ketahui, apabila anak terlalu asyik bermain dengan gadget, maka tubuhnya akan banyak diam kurang bergerak. Padahal anak tidak disarankan untuk memiliki aktivitas rendah atau berdiam diri di satu tempat lebih dari 1 jam. Oleh karena itu, kita harus mengenalkan aktivitas fisik yang merujuk pada gaya hidup yang sehat.

Prinsip dalam Mengenalkan Olahraga Pada Anak

  1. Tidak perlu membuat target. Misalnya jangan mengharuskan anak menjadi pandai berenang setelah berlatih 4 bulan atau berlari minimal 2 km di usia 4 tahun.
  1. Olahraga adalah aktivitas yang menyenangkan. Prinsip ini harus benar-benar kita tanamkan kepada anak. Oleh karena itu, olahraga pada anak seringkali berkaitan erat dengan aktivitas fisik yang biasa dilakukan anak, misalnya bermain bola, bersepeda, ataupun berenang.
  1. Lakukan olahraga secara bersama. Hal ini bisa dilakukan setidaknya seminggu sekali ya Ayah Bunda. Sesuaikan dengan kemampuan anak. Apabila kita ingin anak menjadi atlet, maka seharusnya kita harus mencari tahu dulu mengenai kegemaran anak. Jangan sampai kita terlalu memaksakan kehendak pada anak.
  1. Lakukan olahraga secara rutin. Olahraga yang dilakukan secara rutin dapat meningkatkan sirkulasi oksigen dan darah ke otak, juga meningkatkan hormon dopamin, serta menghasilkan sel-sel baru pada otak.

Tahapan Dalam Stimulasi Olahraga

  1. Bayi Baru Lahir Sampai Usia 1 Tahun.

Tummy Time : Posisikan bayi tengkurap di playmate atau di atas dada orang tua.

Menendang: Pada usia 3 bulan bayi bisa bermain dengan matras yang dilengkapi dengan tiang mainan yang bergelantungan sehingga bayi bisa berlatih menggenggam, menendang, dan menstimulasi penglihatan.

  1. Anak Berusia 1 Tahun

Pada anak yang sudah berusia 1 tahun, maka biasanya anak sudah bisa mulai berjalan walaupun masih dalam kecepatan yang lambat. Ajaklah anak untuk berlatih berjalan dan sedikit berlari, tentu dengan Anda memegangnya. Tidak ada salahnya, ajaklah anak berjalan ke taman atau tempat terbuka lainnya agar ia bisa lebih bereksplorasi.

  1. Anak Berusia 2 Tahun.

Pada usia ini tidak ada salahnya Anda menyalakan musik yang riang gembira dan biarkan anak berjoget dengan gembira.

  1. Anak Berusia 3 Tahun.

Pada usia 3 tahun maka anak sudah bersikap sangat aktif. Salurkan energinya dengan melakukan aktivitas fisik yang sudah bisa ia lakukan, misalnya melompat atau bersepeda.

  1. Anak Berusia 4 Tahun.

Lakukanlah aktivitas olahraga yang bisa dikombinasikan dengan permainan yang menyenangkan, misalnya bermain lompat tali, sepak bola, ataupun tarik tambang.

Demikian cara mengenalkan olahraga pada anak. Semoga berhasil ya Ayah Bunda. (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

×

Assalamualaikum wr wb.

Silakan chat via WA atau email ke admin@karimafood.com

× Chat CS