Menjemur Bayi, Perlukah?

Menjemur Bayi, Perlukah?

blank

Ayah Bunda pernah mendengar saran untuk menjemur bayi? Apakah benar ada manfaatnya?

Berikut ini beberapa manfaat menjemur bayi di pagi hari.

Pertama, Sinar Matahari Pagi Bisa Membantu Proses Penguraian Bilirubin Pada Bayi yang Terkena Kuning.

Bayi yang dijemur di bawah matahari pagi, maka diharapkan akan mendapatkan cahaya biru yang bisa membantu pembentukan bilirubin yang bisa larut dalam air. Pada pagi hari, cahaya biru ini bisa didapatkan.

Kedua, Membuat Bayi Merasa Lebih Hangat.

Di pagi hari setelah bayi dimandikan, bayi bisa merasa dingin. Dengan dihangatkan, maka bayi akan merasa lebih nyaman dan mudah mengantuk. Saat dijemur, tubuh bayi juga akan lebih hangat sehingga akan merasa haus. Dengan demikian diharapkan bayi akan lebih banyak minum ASI.

Ketiga, Bayi Mendapatkan Vitamin D.

Saat bayi mendapatkan sinar matahari pagi, suatu jenis senyawa di lapisan epidermis dan dermis diharapkan akan menyerap sinar ultraviolet B untuk membentuk provitamin D. Proses selanjutnya, energi dari sinar matahari tersebut akan mengubah provutamin D menjadi vitamin D. Tubuh bayi memerlukan vitamin D ini untuk menyerap kalsium dan meningkatkan pertumbuhan tulang

Keempat, Bayi Merasa Lebih Bahagia.

Produksi serotinin yang biasa disebut sebagai hormon bahagia, bisa terbantu dengan adanya sinar matahari. Serotinin membantu mengatur aktivitas tidur, pencernaan, dan mengontrol depresi pada bayi.

Aturan Menjemur Bayi :

  1. Jemur antara pukul 07.00-08.00.
  2. Waktu menjemur maksimal 30 menit.
  3. Tutup mata bayi dengan kain gelap agar tidak silau.
  4. Gunakan baju ketika bayi dijemur, upayakan sinar matahari merata.

Demikian beberapa manfaat menjemur bayi di pagi hari. Semoga bermanfaat ya Ayah Bunda.  (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

×

Assalamualaikum wr wb.

Silakan chat via WA atau email ke admin@karimafood.com

× Chat CS