Menu MPASI 6 Bulan Pertama

Menu MPASI 6 Bulan Pertama

Seorang bayi merupakan buah hati yang perlu diberikan perawatan ekstra oleh bunda dan ayahnya. Ini karena kondisi tubuhnya serba rentan terkena penyakit. Maka dari itu, sejak awal kelahirannya, ASI Eksklusif (0-6 bulan) adalah satu-satunya makanan untuk bayi agar kesehatan dan gizi bayi tetap baik. Tapi, setelah usia 6 bulan, MPASI sangat dibutuhkan. Berikut penjelasannya.

Apa Yang Harus Bunda Lakukan?

Kondisi buah hati yang telah memasuki usia 6 bulan tentunya sudah mempunyai rangsangan dan refleks yang berbeda dengan usia sebelumnya. Terutama pada syaraf dan organ tubuhnya. Sehingga pada usia inilah sang buah hati harus memulai mengkonsumsi asupan baru demi mendukung tumbuh kembangnya. Karena jika hanya ASI saja, justru hal itu akan menghambat pertumbuhan bayi dan perkembangannya malah kurang baik.

Lalu apa yang harus bunda dan ayah lakukan sebagai langkah pertama dalam memulai pemberian asupan makanan sebagai pendamping ASI? Tahap pertama yang harus diberikan orang tua kepada buah hatinya adalah memberikan makanan dengan menu buah-buahan dibuat menjadi puree buah. Pilihlah menu buah bertekstur lembut seperti pisang, buah naga, alpukat, pepaya, apel atau juga mangga.

Kemudian jika sudah mengenalkan bayi dengan puree buah-buahan dan sudah terbiasa, bunda dan ayah harus segera menambah jenis bahan puree, karena jika terus-terusan memberikan satu macam puree, bayi justru akan kekurangan asupan gizi. Di tahap berikutnya berikanlah puree dari sayur-mayur seperti zukini, wortel, parsnip, kentang, ubi, labu, bayam. Berikan puree buah dan sayur bergantian berbagai variasi.

Jika sudah diberi puree buah dan sayur-mayur, mulailah diberi puree karbohidrat seperti oatmeal atau tepung beras. Kemudian puree protein seperti tahu, daging ayam, ikan salmon, daging sapi, tahu, tempe, kacang merah. Puree karbohidrat dan puree protein juga berfungsi untuk menambah asupan gizi terhadap buah hati karena dengan semakin banyaknya variasi makanan maka tumbuh kembang bayi semakin baik.

MPASI Seimbang Menurut WHO/UNICEF

Para ahli peneliti kesehatan dari World Health Organization dan The United Nations Children’s Fund mengatakan bahwa pada dasarnya bayi boleh memakan apa saja dari menu meja makan keluarga dan harus diperhatikan enam komponen penting pada makanan tersebut, diantaranya frequency (frekuensi MPASI), amount (jumlah takaran MPASI), thickness (tekstur makanan MPASI), variety (jenis MPASI), active/responsive feeding dan hygiene.

Frequency (Frekuensi MPASI) yang dimaksud adalah jumlah waktu makan bayi diberi asupan puree buah, sayur, karbohidrat maupun protein. Tetapi ingat, pada awal-awal perkenalkan dahulu puree buah-buahan. Frekuensi untuk bayi baru menginjak 6 bulan adalah berikan puree buah sebanyak 2-3 kali dalam sehari. Kemudian jika sudah berjalan, tingkatkan menjadi 3 kali sehari.

Amount (jumlah takaran MPASI) pada saat membuat puree dengan jenis apapun itu tentunya harus disesuaikan dengan kapasitas lambung bayi serta kandungan kalori. Kemudian tentang thickness (tekstur makanan MPASI) tentunya bayi hanya dibolehkan diberi asupan makanan dengan tekstur yang lembut dan halus tetapi tidak terlalu encer atau cair juga. Lalu variety (jenis MPASI) sudah dipaparkan di awal yaitu variasi puree baik buah, sayur, karbo dan protein.

Active/responsive feeding adalah tentang keaktifan bunda dan ayah untuk melakukan proses pemberian makanan seperti membujuk, sabar, penghiburan, perhatian, dan sebagainya. Dan terakhir tentang hygiene, tentunya baik bahan makanan, peralatan makan dan minum bayi hingga tangan bunda dan ayah sendiri haruslah bersih dan higienis agar kesehatan tetap terjaga.

Itulah pembahasan tentang menu MPASI 6 bulan pertama bagi bunda dan ayah untuk dilakukan pada buah hati tercinta, selalu ingat tahapan awal haruslah puree buah, kemudian lanjut puree sayur, karbohidrat dan protein. Semua itu tentu haruslah diperhatikan frekuensinya, takaran, tekstur, variasi, keaktifan bunda dan ayah serta higienitasnya. (www.karimafood.com)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

×

Assalamualaikum wr wb.

Silakan chat via WA atau email ke admin@karimafood.com

× Chat CS