Menyiapkan Anak untuk Siap Memiliki Adik

Menyiapkan Anak untuk Siap Memiliki Adik

Ketika Adik belum lahir, tidak jarang seorang kakak terlihat sayang sekali kepada adiknya. Akan tetapi, begitu adiknya lahir, si kakak tidak lagi terlihat sayang kepada adiknya. Si Kakak seringkali berbuat ulah. Hal ini wajar, karena ketika Adik belum lahir, semua perhatian orang tua masih tertuju kepada kakaknya. Akan tetapi, ketika adiknya lahir, si kakak harus berhadapan dengan fakta bahwa ada seseorang yang sekarang sudah merebut sebagian perhatian orang tuanya darinya.

Bagaimana cara menyiasati masalah tersebut? Beberapa hal berikut bisa dilakukan ya Ayah Bunda :

  1. Sejak Adik belum lahir, ajaklah si kakak untuk terlibat dalam berbagai hal yang berkaitan dengan persiapan menyambut kelahiran adiknya. Termasuk diantaranya adalah sikap menyayangi adik sejak sebelum lahir. Contohnya adalah mengajak si kakak untuk mengelus dengan lembut perut ibunya, atau membantu menyiapkan susu untuk ibu.
  1. Orang tua perlu memberikan kepastian, bahwa ketika adiknya lahir, maka kasih sayang orang tua kepada si kakak tidak akan berkurang sama sekali. Orang tua tetaplah akan memberikan perhatian kepada si kakak yang telah lahir terlebih dahulu. Dalam hal ini sangat penting untuk berbagi tugas dengan suami. Bunda mungkin akan lebih sering menghabiskan waktu bersama si adik misalnya ketika menyusui. Namun si kakak juga perlu mendapatkan kepastian bahwa ia kapan saja bisa mendapatkan akses yang sama mudahnya untuk berinteraksi dengan ibunya. Pada waktu ketika Bunda sibuk mengurusi adik, sangat penting bahwa suami mau dan mampu untuk mengurusi dan menemani si kakak. Dengan demikian, si kakak tidak akan merasa tersingkirkan.
  1. Apabila Bunda telah selesai menyusui atau mengurusi si adik, sangatlah penting Bunda untuk menyediakan waktu khusus atau berbicara berdua dengan si kakak. Bisa juga dengan menemani si kakak untuk bermain. Dengan demikian, si kakak tidak akan merasa bahwa kasih sayang orang tuanya, khususnya dari Bunda telah berkurang.

Demikian beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk menyiasati agar Kakak siap untuk memiliki adik. Semoga bermanfaat ya Ayah Bunda.  (Tim Karima; www.karimafood.com).

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

×

Assalamualaikum wr wb.

Silakan chat via WA atau email ke admin@karimafood.com

× Chat CS