Menyikapi Anak yang Sering Mencuri

Menyikapi Anak yang Sering Mencuri

Ada sejumlah perilaku tidak baik yang seringkali dianggap biasa oleh masyarakat. Contohnya anak yang sering menyontek ketika ujian di sekolah. Ada juga perilaku anak yang sering mencuri dan dianggap biasa. “Namanya juga anak-anak”, begitu alasan sebagian orang tua.

Anak kecil memang biasa ingin mendapatkan apapun yang mereka ingin secara instan. Bagi anak yang berusia di bawah 5 tahun, mengambil suatu benda tanpa sepengetahuan pemiliknya dianggap sebagai perkembangan perilaku yang normal. Tapi pada anak yang sudah masuk usia sekolah, perbuatan itu bisa termasuk atau dianggap sebagai tindakan pencurian.

Penyebab

Perilaku tidak jujur yang yang dilakukan orang tua di rumah bisa mendorong kecenderungan mencuri pada anak-anak. Jika orang tua mencuri, kemungkinan anak akan melakukan perbuatan serupa. Contoh yang buruk dari orang tua dan orang-orang di sekitar anak, bisa menjadi pengaruh yang buruk bagi anak. Ketika sekali saja si anak berhasil melakukan perbuatan mencuri, ia akan merasa terdorong untuk terus mengulangi perbuatan buruk tersebut.

Penanganan

Apabila ayah bunda menemukan kasus anak yang mencuri, maka anak harus diminta untuk mengembalikan benda itu kepada pemiliknya. Walaupun tentu hal tersebut akan membuat anak malu dan berada pada situasi yang sulit. Cobalah untuk mencari tahu apa penyebab anak sampai mencuri dan cobalah Ayah Bunda untuk mengatasi penyebab tersebut. Sebagai orang tua, kita juga harus menahan diri dari perbuatan mencuri agar perilaku buruk tidak dicontoh oleh anak.

Di dalam pandangan agama Islam, perbuatan mencuri termasuk perbuatan yang tercela. Oleh karena itu, kita sebagai orang tua harus menekankan ketaatan kepada agama agar anak-anak tidak melakukan perbuatan mencuri. Demikian semoga bermanfaat ya Ayah Bunda.  (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Assalamualaikum wr wb.

Silakan chat via WA atau email ke admin@karimafood.com

× Chat CS