MPASI Bayi 6 Bulan: Instan atau Buatan Sendiri

MPASI Bayi 6 Bulan: Instan atau Buatan Sendiri

Saat bayi memasuki usia enam bulan, para ibu mulai menyiapkan makanan pendamping ASI (MPASI) untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi harian si bayi. MPASI 6 bulan dapat diperoleh dengan membuatnya sendiri maupun dengan menggunakan makanan pendamping instan. Dalam penggunaannya, terdapat kelompok ibu yang lebih memilih untuk menggunakan salah satu atau kedua jenis makanan pendamping untuk bayi enam bulan tersebut.

Penggunaan bubur bayi instan ataupun bubur bayi olahan sendiri mempunyai pro dan kontra di kalangan para ibu. Hal tersebut karena dalam makanan untuk bayi 6 bulan ini pengolahan yang dilakukan secara komersial menimbulkan pertanyaan mengenai terdapatnya pengawet makanan yang digunakan. Sedangkan dalam pembuatan bubur bayi sendiri juga masih dipertanyakan higienisitasnya. Sehingga berikut ini merupakan bahasan mengenai pro dan kontra kalangan ibu mengenai bubur bayi instan ataupun bubur bayi buatan sendiri.

Bubur Bayi Instan

Bubur bayi instan mempunyai kelebihan cara pembuatan yang lebih praktis dan dapat menghemat waktu. Sehingga para ibu yang mempunyai anak bayi yang rewel dan tidak dapat ditinggal lebih banyak menggunakan jenis makanan tambahan bubur instan.

Namun penggunaan bubur instan juga mempunyai beberapa anggapan kurang sehat karena mengandung penambah rasa termasuk gula dan pengawet makanan. Akan tetapi berdasarkan keterangan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), pembuatan bubur bayi instan mempunyai ketentuan khusus dari lembaga kesehatan dunia (WHO). Sehingga pembuatannya harus memenuhi standar higienisitas, nutrisi dan keamanan yang sesuai.

Kemudahan yang didapatkan oleh kalangan ibu dalam penggunaan MPASI 6 bulan instan yaitu adanya tabel kandungan nutrisi pada kemasannya. Hal tersebut dapat mempermudah ibu untuk mengetahui kandungan gizi produk tersebut dan kemudian membandingkannya dengan kandungan yang dibutuhkan oleh bayinya. Sehingga membuat ibu dapat memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan gizi yang diperlukan oleh sang anak.

Namun penggunaan bubur instan juga mempunyai potensi kehilangan nutrisi dalam proses pembuatannya. Hal ini misalnya saja dalam proses sterilisasi bakteri yang dapat mengurangi kandungan gizi dari makanan pendamping ASI. Selain itu, terdapat pula beberapa bubur bayi instan yang mempunyai kandungan pengawet, perasa dan pewarna buatan. Kandungan gula dan garam yang tinggi juga terdapat dalam makanan pendamping bayi instan. Sehingga beberapa kandungan tersebut merupakan hal yang tidak baik bagi kesehatan bayi.

Bubur Bayi Buatan Sendiri 

Kebanyakan para ibu lebih suka untuk membuat bubur bayi sendiri. Sebab makanan untuk bayi 6 bulan memerlukan tekstur yang sangat lembut dan kandungan gizi yang terjamin. Sehingga dengan membuat makanan pendamping ASI sendiri, para ibu dapat memperkirakan bahan yang akan diolah untuk mendapatkan kandungan gizi harian si anak.

Selain itu, dalam pembuatan bubur bayi sendiri juga dapat membuat anak tidak bosan dengan makanan yang diberikan. Sebab ibu dapat mengolah berbagai variasi bubur yang akan diberikan. Untuk pembuatan bubur bayi sendiri, ibu juga dapat memilih bahan secara selektif dengan cara pengolahan yang sesuai dan dapat bereksperimen mengenai rasa dari makanan.

Pemberian MPASI 6 bulan yang diolah oleh kalangan ibu sendiri juga dapat membiasakan sang anak untuk memakan makanan dengan menu rumahan. Sebab makanan yang diberikan kepada bayi juga berasal dari bahan makanan sehari-hari yang dihaluskan. Selain itu, rasa makanan yang terdapat dalam bubur buatan sendiri juga menyerupai rasa makanan rumahan. Sehingga bayi dapat beradaptasi dengan rasa masakan jika telah diperbolehkan makan dengan bentuk yang lebih kasar. (www.karimafood.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

×

Assalamualaikum wr wb.

Silakan chat via WA atau email ke admin@karimafood.com

× Chat CS