MPASI ketika Bepergian Jarak Jauh

MPASI ketika Bepergian Jarak Jauh

Salah satu permasalahan ketika kita melakukan perjalanan jarak jauh adalah ketika bayi memasuki masa MPASI. Bagaimana caranya agar bayi tetap mendapatkan MPASI yang tepat serta bergizi?

Ayah Bunda, sebelum kita memulai perjalanan yang jauh ini, alangkah baiknya sebelumnya kita memastikan dulu hal-hal berikut ini :

  1. Waktu perjalanan. Jarak perjalanan atau lamanya perjalanan akan sangat berpengaruh terhadap jumlah makanan yang harus kita bawa di dalam tas.
  1. Tempat menginap. Apabila perjalanan kita sangat jauh dan dibutuhkan tempat untuk menginap selama perjalanan, ini juga sesuatu yang harus kita pertimbangkan terhadap jenis peralatan yang harus kita bawa.
  1. Penggunaan alat elektronik. Perlu kita ketahui apakah di tempat menginap atau selama perjalanan, kita bisa menggunakan alat elektronik alat-alat tertentu yang membutuhkan daya listrik.
  1. Tersedianya alat pendingin. Ada atau tidak adanya alat pendingin atau biasa kita sebut kulkas di tempat menginap perlu kita ketahui. Apabila memang tersedia, maka hal ini bisa membantu apabila kita membawa MPASI yang memang butuh disimpan ke dalam tempat pendingin.
  1. Ketersediaan supermarket atau pasar. Sebelum kita bepergian, kita harus mengetahui atau mencari informasi mengenai apakah di sekitar tempat penginapan kita tersedia supermarket atau pasar sehingga disana kita bisa melakukan pembelian beberapa bahan makanan.
  1. Buatlah daftar peralatan misalnya panci elektrik mini, termos makanan, saringan kecil, pisau kecil, wadah dan alat makan, cool box, bahan makanan seperti tepung beras, kaldu beku, dan lain sebagainya.
  1. Buatlah daftar menu. Sebaiknya kita juga membawa bumbu dan pelengkap makanan seperti minyak, keju, bahan yang sudah dimasak, dan lain sebagainya.

Pertimbangan Jenis Kendaraan.

Moda transportasi yang kita gunakan atau kendaraan yang kita gunakan juga sangat penting untuk kita perhatikan ya Ayah Bunda.

  1. Perjalanan dengan mobil pribadi.
  2. Bawalah beberapa peralatan dan bahan makanan dengan secukupnya atau maksimal sesuai dengan kapasitas bagasi.
  3. Agar tidak terlalu repot selama dalam perjalanan atau bahkan harus sering berhenti di tengah perjalanan, maka sebaiknya selalu menyiapkan cemilan atau makanan untuk si kecil dalam suatu wadah yang kecil. Ini kita pisahkan dari bahan makanan lain yang ada di bagasi.
  1. Perjalanan dengan pesawat terbang.
  2. Kita harus membaca dengan detail mengenai aturan terkait barang bawaan yang bisa dibawa di pesawat di bagasi ataupun di kabin terutama untuk bahan makanan yang kita bawa yang terkait dengan MPASI.
  3. Pastikan kita sudah menyiapkan makanan kecil atau makanan kesukaan anak agar ia bisa nyaman Selama perjalanan dan tidak rewel di dalam pesawat.
  4. Jangan malu untuk meminta bantuan kepada pramugari misalnya tiba-tiba kita membutuhkan air panas untuk membuat makanan kecil atau untuk membuat susu untuk bayi.

Demikian beberapa hal yang perlu kita siapkan terkait dengan MPASI ketika dalam perjalanan. Semoga bermanfaat ya Ayah Bunda. (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

×

Assalamualaikum wr wb.

Silakan chat via WA atau email ke admin@karimafood.com

× Chat CS