Nasihat yang Tepat untuk Anak

Nasihat yang Tepat untuk Anak

Sebagai orang tua, sudah tentu kita sering memberikan nasihat kepada anak. Ketika nasihat sesuai dengan kebutuhan, maka kemampuan otak untuk menyerap informasi akan jauh lebih optimal. Nasihat kita akan lebih cepat dimengerti, dipahami, dan masuk ke dalam memori anak. Dampak positifnya adalah anak menjadi merasa ringan melaksanakan isi nasihat tersebut.

Bahasa nasihat yang baik adalah simpel, tidak terlalu panjang apalagi sampai bertele-tele. Buatlah nasihat yang durasi waktunya hanya 1 menit saja. Jika memang harus panjang, maka maksimal 3 menit saja. Jika Ayah Bunda memberikan nasihat sampai 5 menit, atau bahkan sampai 10 menit, maka justru tidak akan efektif. Justru anak akan merasa bosan, jengkel, bahkan merasa tidak dihargai.

Nasihat yang terlalu panjang bisa karena ada bumbu emosi. Kesalahan ini cenderung dilakukan oleh kaum ibu. Bisa jadi karena merasa belum begitu yakin apakah anak sudah paham terhadap nasihat yang diberikan. Bisa juga karena menuntut terlalu tinggi, yaitu anak langsung memahami tanpa  melakukan kesalahan.

Mulai sekarang, cobalah Ayah Bunda untuk introspeksi apabila menasihati anak. Apakah sudah menyampaikan sesuai dengan apa yang harus diketahui anak? Bedakan antara memberikan nasihat dengan meluapkan emosi kepada anak.

Semoga bermanfaat ya Ayah Bunda. (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

×

Assalamualaikum wr wb.

Silakan chat via WA atau email ke admin@karimafood.com

× Chat CS