Pembiasaan dari Orang Tua yang Bisa Merusak Kepribadian Anak

Pembiasaan dari Orang Tua yang Bisa Merusak Kepribadian Anak

Setiap orang tua tentu ingin yang terbaik untuk anaknya. Berbagai hal dan sikap dilakukan demi kebaikan anaknya. Orang tua rela berkorban apa saja demi anak. Memang demikian hal yang baik dan sudah semestinya dilakukan.

Walau demikian, kita sebagai orang tua jangan sampai salah dalam pengorbanan ini ya Ayah Bunda. Ada sikap-sikap tertentu yang menurut orang tua baik, tapi ternyata justru tidak bagus untuk pendidikan kepribadian anak.

Sikap apa saja itu?

Pertama, Selalu Memenangkan Anak Jika Terjadi Perselisihan.

Anak-anak sering bertengkar bahkan berkelahi dengan temannya, atau saudaranya. Jika anak bertengkar dengan anak lain, tidak jarang orang tua akan membela anaknya. Ini tidak selalu tepat ya Ayah Bunda. Kita harus tahu duduk persoalannya. Bisa jadi anak hanya bercerita bagian-bagian yang menguntungkan dia saja. Selain itu, seandainya memang anak kita benar, juga jangan berarti orang tua harus turun tangan. Coba dilihat seberapa besar persoalannya. Jangan sampai masalah kecil justru menjadi lebih besar karena terjadi pertengkaran antar orang tua. Selain itu, ajarilah anak untuk belajar memaafkan kesalahan anak lainnya. Boleh kita bela tapi ajarkan sikap memaafkan ini.

Kedua, Membiarkan Sikap Rakus.

Orang tua mana yang tidak suka melihat anaknya suka makan? Tentu kita suka ya Ayah Bunda melihat anak-anak suka dengan makanan yang kita sajikan. Walau demikian, kita harus paham berapa kebutuhan anak. Jangan biarkan anak-anak makan terlalu banyak. Lebih-lebih jika ada saudara lainnya yang menyukai juga makanan tersebut. Biasakanlah anak untuk makan secukupnya. Selain itu, ajarilah juga anak untuk berbagi dengan saudara-saudaranya atau teman-temannya.

Ketiga, Membiasakan Dendam.

Antar anak memang sering terjadi masalah. Sebagai orang tua, ajaklah anak untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan jalan persuasif. Jangan buru-buru untuk membalas kenakalan teman. Misalnya anak kita direbut mainannya oleh anak lain, maka ajarkan anak untuk memintanya secara baik-baik. Jangan ajarkan anak untuk menyelesaikan masalah dengan memukul dan tindak kekerasan lainnya.

Demikian, semoga bermanfaat ya Ayah Bunda. (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

×

Assalamualaikum wr wb.

Silakan chat via WA atau email ke admin@karimafood.com

× Chat CS