Pentingnya Gizi untuk Ibu Menyusui

Pentingnya Gizi untuk Ibu Menyusui

Ibu yang menyusui sangat penting untuk mendapatkan makanan bergizi agar bisa memproduksi ASI yang berkualitas. Kebutuhan gizi yang dibutuhkan diantaranya adalah asam lemak, protein, vitamin B kompleks, vitamin C, kalsium, zat besi, yodium, dan seng.

Porsi makanan ibu perlu lebih dari biasanya karena untuk memenuhi kebutuhan dua orang, yaitu ibu dan bayinya. Porsinya kurang lebih 1,5 kali porsi makan normal.

Tambahan masukan energi untuk ibu pada 6 bulan pertama sebesar 1,13 kali BMR bayi, atau sekitar700 kkal per harinya. Selanjutnya, untuk masa 6 bulan berikutnya adalah 500 kkal, dan tahun kedua sebesar 400 kkal.

Kebutuhan protein yang dibutuhkan adalah 16 g per hari pada 6 bulan pertama, dan 12 g per hari pada 6 bulan kedua. Pada tahun kedua kebutuhan protein sebesar 11 g per hari. Sementara itu, kebutuhan tambahan zat besi adalah sebesar 5 mg per hari pada 6 bulan pertama. Selain itu, ibu menyusui juga membutuhkan tambahan kalsium sebesar 400 mg.

Bunda juga perlu memperhatikan kebutuhan air agar ASI tetap lancar. Konsumsi air pada ibu menyusui adalah 3,1 liter atau sekitar 13 gelas setiap hari. Cara yang disarankan dalam mengonsumsi air minum adalah dengan minum segelas air setiap kali makan dan setiap kali menyusui.

Demikian, semoga bermanfaat ya Ayah Bunda.  (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

×

Assalamualaikum wr wb.

Silakan chat via WA atau email ke admin@karimafood.com

× Chat CS