Perkara Penting dalam Mendidik Anak Perempuan

Perkara Penting dalam Mendidik Anak Perempuan

Mendidik anak perempuan bukan perkara yang mudah, apalagi di zaman sekarang. Banyak terjadi kerusakan moral di masyarakat, salah satu sebabnya adalah rusaknya kaum perempuan. Oleh karena itu, sebagai orang tua kita harus benar-benar serius dalam mendidik anak perempuan agar menjadi perempuan yang sholihah pembangun peradaban yang agung.

Beberapa perkara yang penting untuk diketahui orang tua dalam mendidik anak perempuan adalah sebagai berikut :

Pertama, Kedekatan dengan Ayah.

Seorang anak perempuan yang mempunyai kedekatan dengan ayahnya, akan belajar tentang bagaimana seharusnya seorang laki-laki itu. Anak juga akan belajar bagaimana seharusnya seorang laki-laki memperlakukan perempuan. Ayah menjadi sosok pertama yang bisa menjadi contoh ideal seorang laki-laki yang baik.

Kedua, Memahami Perkembangan Anak Perempuan.

Di zaman sekarang, perkembangan seorang anak cenderung lebih cepat dibanding di masa lalu. Sebagai orang tua, kita perlu memastikan seorang anak mendapatkan kesempatan untuk menikmati masa kecil yang bahagia dan semestinya. Jangan sampai anak salah pergaulan dan informasi sehingga ia tumbuh terlalu cepat. Berikan batasan hal-hal apa yang tidak boleh dilakukan di usianya.

Ketiga, Menjadikan Memasak sebagai Kegiatan yang Menyenangkan

Anak perempuan sudah semestinya dikenalkan dengan kegiatan masak-memasak sehingga ia akan mempunyai kemampuan memasak. Pada usia 5-12 tahun, anak bisa mulai diajarkan tentang ilmu memasak. Bisa dimulai dari sekedar diminta menemani ibunya memasak di dapur. Diharapkan akan tumbuh kecintaan terhadap masak-memasak.

Keempat, Dikenalkan Pengelolaan Uang.

Seorang anak perempuan di masa yang akan datang akan menjadi pengelola uang dalam rumah tangga. Oleh karena itu, anak perempuan perlu dikenalkan dan diajarkan tentang bagaimana mengelola uang. Pahamkan anak tentang konsekuensi dari menghabiskan uang untuk hal-hal yang kurang diperlukan.

Kelima, Dukung Anak Belajar Ilmu Pengetahuan.

Selain sebagai calon ibu dan pengurus rumah tangga, seorang perempuan juga harus memiliki ilmu pengetahuan yang luas. Dukunglah anak untuk belajar agar mempunyai ilmu pengetahuan yang tinggi.

Keenam, Berikan Pujian selain Faktor Fisik.

Seorang anak perempuan tentu suka dipuji akan kecantikannya. Tapi sebagai orang tua, hendaknya kita memuji dia tidak hanya pada faktor kecantikannya. Tapi pujilah juga aspek-aspek lainnya yang justru jauh lebih penting daripada kecantikan. Misalnya pujilah anak atas kebaikan hatinya, kepintarannya, dan ketaatannya kepada Allah.

Ketujuh, Pahamkan tentang Aurat dan Bahwa Perempuan adalah Makhluk Terhormat.

Di dalam agama Islam, perempuan adalah makhluk Allah yang sangat dimuliakan dan tinggi kedudukannya di hadapan Allah.

Dalam sebuah hadits disebutkan :

Dari Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu, beliau berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu.’” (HR. Bukhari no. 5971 dan Muslim no. 2548).

Sudah seharusnya setiap perempuan menghargai dirinya sendiri dan melayakkan diri untuk dihormati. Salah satu yang harus dipahamkan adalah tentang wajibnya menutup aurat dan menggunakan hijab sesuai ketentuan syariah.

Demikian beberapa kiat yang penting diketahui orang tua dalam mendidik anak perempuan. Semoga bermanfaat ya Ayah Bunda.  (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *