Perkembangan Bayi dalam 1 Tahun

Perkembangan Bayi dalam 1 Tahun

Selama 1 tahun sejak kelahiran, bayi mengalami proses perkembangan yang luar biasa pesat. Bayi mengalami perkembangan fisik yang luar biasa juga perkembangan otak yang signifikan. Ada perkembangan kemampuan kognitif, juga perkembangan kemampuan sosial. Pada akhir 1 tahun pertama, bayi pun akan melepas statusnya sebagai bayi yang mungil.

Usia 0-2 Bulan.

Pada usia yang masih sangat awal ini belum banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh bayi. Pada usia ini, bayi lebih banyak menunjukkan ekspresi perasaannya dengan cara menangis. Bayi baru mulai belajar menggunakan inderanya untuk menjelajahi dunia di sekitarnya dengan belajar fokus mengikuti objek yang bergerak, membedakan nada serta volume suara, melihat dan membedakan warna, dan tingkat kecerahannya. Bayi juga mulai mengantisipasi suatu peristiwa misalnya membuat gerakan menghisap saat melihat puting.

Usia 3-4 Bulan.

Pada rentang usia ini, kemampuan bayi sudah sangat meningkat dalam hal ketajaman visual. Bayi sudah mulai mengenali wajah dan mampu membalas tatapan orang tuanya. Bayi juga bisa menirukan ekspresi tertentu, misalnya bayi sudah mulai bisa tersenyum. Bayi juga bisa menggerakkan kepala dari satu sisi ke sisi yang lain. Bayi juga mulai bisa bergumam atau bahkan tertawa.

Usia 5-6 Bulan.

Pada rentang usia ini, bayi sudah mengalami perkembangan untuk mengontrol tubuhnya dengan jauh lebih baik. Bayi juga bisa menggerakkan kaki dengan gerakan menendang. Bayi juga mampu berguling, menyemburkan ludah, menggigit, dan mengeluarkan satu suku kata, misalnya: “ma”, “da”, dan lain sebagainya.

Usia 7-8 Bulan.

Pada rentang usia, ini bayi mulai dapat mengenali nama mereka sehingga bayi juga bisa menoleh saat ada orang yang memanggil namanya. Bayi mampu mengeluarkan celotehan dengan cara yang lebih variatif. Bayi juga bisa melakukan gerakan merangkak, serta merespon ekspresi dari emosi orang lain. Bayi mulai bisa takut pada kehadiran orang asing.

Usia 9-10 Bulan.

Pada rentang usia ini, bayi sudah dapat meniru sebuah gerakan dan tindakan tertentu. Misalnya bayi bisa melempar barang dan memahami kata yang sederhana, misalnya kata “tidak”. Bayi juga sudah bisa mulai berjalan walau dengan cara berpegangan, atau harus dengan cara dituntun.

Usia 11-12 Bulan.

Pada rentang usia ini bayi sudah dapat mengikuti objek yang bergerak  cepat. Bayi juga sudah bisa mengucapkan 2 sampai 4 kata. Bayi mulai melakukan langkah pertama dan mengembangkan keterikatan pada objek tertentu. Bayi juga sudah mengalami perkembangan emosi misalnya mengalami kecemasan saat berpisah atau jauh dari orangtuanya.

Demikian perkembangan bayi pada 1 tahun pertama dalam pembahasan yang singkat. Semoga bermanfaat ya Ayah Bunda. (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

×

Assalamualaikum wr wb.

Silakan chat via WA atau email ke admin@karimafood.com

× Chat CS