Prioritas dalam Mengenalkan Agama kepada Anak

Prioritas dalam Mengenalkan Agama kepada Anak

blankSebagai orang tua, kita tentu menginginkan anak yang sholeh/sholihah, taat kepada kedua orang tuanya. Ilmu agama tentu menjadi prioritas untuk dikenalkan kepada anak, sebelum anak juga mengenal ilmu yang lainnya lagi. Kita paham bahwa ilmu agama ini sangat luas sekali. Bahkan seumur hidup kita pun bisa tidak selesai untuk mempelajari ilmu agama. Dalam posisi ini, kita pun ingin anak segera menguasai banyak ilmu agama. Kita ingin anak mengerti ini, itu, banyak hal.

Ternyata, di sinilah justru salah satu masalahnya. Terburu-buru membebani anak dengan banyak hal ternyata bisa menjadi salah satu faktor kegagalan pendidikan agama kepada anak. Kita perlu memperhatikan mana yang prioritas sehingga harus didahulukan, dan mana yang bisa dilakukan nanti di lain waktu.

Misalnya kita ingin anak mampu mengaji dengan baik, semangat ikut pesantren kilat, mau berpuasa Ramadhan dengan penuh, rajin sholat, dan lain sebagainya. Ternyata, belum tentu semua bisa dilakukan di waktu yang sama. Harus ada prioritas dan perencanaan. Sewaktu anak belajar berpuasa termasuk makan sahur, ia akan bangun lebih dini. Sore harinya bisa jadi anak menjadi mengantuk padahal waktunya ikut pesantren kilat. Dalam situasi seperti ini, tidak harus kita paksakan anak harus melakukan semuanya. Bisa kita fokuskan anak untuk belajar berpuasa dulu sampai menjadi sebuah kebiasaan. Setelah kondisinya siap, baru kita ikutkan ke pesantren kilat.

Selain itu, pembelajaran agama ini juga harus diupayakan dalam kondisi gembira. Jangan sampai anak merasa terbebani dengan banyak hal yang justru membuatnya benci kepada ajaran agama. Akhirnya anak melakukan sesuatu hanya karena takut dimarahi Ayah Bundanya, bukan karena kesadaran dan takut kepada Allah. Kita belum bisa memaksakan konsep berpikir orang dewasa bahwa hidup ini harus berusaha keras. Oleh karena itu, cara memasukkan nilai-nilai kepada anak yang bisa mereka terima sekarang adalah dengan keceriaan.

Demikian, semoga bermanfaat ya Ayah Bunda.  (Tim Karima; www.karimafood.com)

 

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

×

Assalamualaikum wr wb.

Silakan chat via WA atau email ke admin@karimafood.com

× Chat CS