Rahasia Agar Anak Baik Hati

Rahasia Agar Anak Baik Hati

Orang tua mana yang tidak ingin buah hatinya menjadi anak yang baik hati? Kita semua tentu sangat berharap agar anak-anak kita menjadi anak yang baik hati ya Ayah Bunda. Bentuk anak yang baik hati tidak muncul begitu saja dengan ajaib. Pasti ada proses yang harus dilalui sehingga anak-anak tersebut menjadi anak-anak mempunyai hati yang baik. Bagaimana caranya? Mari kita terapkan beberapa cara berikut ini ya Ayah Bunda:

Pertama, ajaklah anak untuk berusaha mengontrol emosi.

Sebagai manusia tentu kita mempunyai perasaan yang bisa muncul dalam wujud marah, sedih, ataupun kecewa. Walau demikian, kita tetap harus mengajarkan kepada anak tentang bagaimana mengatasi emosi khususnya yang negatif. Pada saat mengalami situasi emosional yang stabil, ajaklah anak untuk melakukan cara berikut. Ambil nafas yang panjang melalui hidung, lalu keluarkan melalui mulut dan hitung sampai lima. Ajak pula anak untuk mengambil air wudhu jika ia marah tentang sesuatu.

Kedua, biasakanlah anak untuk saling peduli kepada sesama dan menolong orang lain yang lebih lemah.

Sangat penting bagi anak untuk peduli kepada orang lain, baik kepada orang yang mempunyai hubungan dekat seperti saudara, ataupun kepada orang lainnya yang tidak mempunyai hubungan kekerabatan. Berikan sebuah pertanyaan tentang bagaimana nasib anak-anak yang kurang beruntung seperti miskin ataupun tidak mempunyai orang tua. Tentu mereka dalam kondisi yang susah. Lantas ajaklah anak untuk peduli kepada mereka, misalnya dengan memberikan santunan kepada anak yatim melalui panti asuhan.

Ketiga, ajaklah anak untuk terbiasa bertanggung jawab atas tindakan-tindakan mereka.

Setiap perbuatan tentu ada konsekuensinya. Pahamkan pada anak tentang arti tanggung jawab dari berbagai hal yang ia lakukan. Misalnya ia bermain, maka ajaklah anak untuk bertanggung jawab dengan membereskan mainannya setelah selesai bermain. Jangan biarkan mainan berserakan tanpa ada kepedulian anak untuk merapikan dan mengembalikan mainan-mainan tersebut ke tempat semula.

Keempat, ajaklah anak-anak untukbanyak bersyukur.

Pahamkan kepada anak bahwa kondisi kita saat ini adalah salah satu wujud kasih sayang Allah kepada hamba-Nya. Tidak semua orang seberuntung kondisi kita saat ini. Ajaklah anak untuk mensyukuri apa yang telah Allah berikan kepada kita.

Kelima, biasakan mereka untuk berbuat baik.

Tidak sedikit orang tua yang sangat bangga ketika mengetahui anaknya mempunyai prestasi akademik yang bagus di sekolah. Namun, prestasi akademik saja tidaklah cukup. Anak juga harus mempunyai berbagai kebiasaan baik yang harus mereka miliki. Mulailah dari hal-hal yang kecil misalnya merapikan tempat tidur, membantu adik, membantu ibu di dapur, dan lain sebagainya.

Keenam, luangkanlah waktu untuk membersamai anak.

Membersamai ini bukan berarti hanya kehadiran secara fisik di dekat anak. Tetapi harus ada kedekatan emosional di situ. Jadi selain dekat secara fisik, juga harus dekat secara emosional dengan memperhatikan anak. Misalnya ketika anak sedang berbicara dengan kita, janganlah kita sibuk dengan Smartphone kita. Perhatikanlah anak ketika ia berbicara.

Ketujuh, ajarkan agama sejak dini.

Agama Islam merupakan sumber dari segala macam kebaikan. Pastikan kita sudah mengenalkan agama Islam ini kepada anak sejak dini.  Harapannya nanti ketika dewasa, anak-anak biasa hidup dalam suasana yang Islami.

Ayah bunda, setiap orangtua tentu ingin anaknya menjadi orang yang baik. Maka marilah kita mulai dengan menerapkan 7 hal tadi kepada anak. Tentu prosesnya tidak semudah membalik telapak tangan, namun tetap harus kita coba agar anak-anak pada prosesnya nanti menjadi anak-anak agama Islam.

Demikian, semoga bermanfaat ya Ayah Bunda.  (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

×

Assalamualaikum wr wb.

Silakan chat via WA atau email ke admin@karimafood.com

× Chat CS