Rencana Masa Depan Kehidupan Anak Bagian 2

Rencana Masa Depan Kehidupan Anak Bagian 2

Secara naluri, setiap orang tua tentu sangat mencintai dan sangat menyayangi semua anak-anaknya. Orang tua pasti menganggap anak-anak sebagai sesuatu yang sangat penting dan sangat berharga yang tiada terkira nilainya.

Walau demikian, faktanya banyak orang tua yang perhatian dan keseriusannya terhadap anak masih kurang. Dengan demikian, sebenarnya mereka menjadikan anak-anak sebagai sesuatu yang kurang penting dan kurang berharga. Banyak orang tua yang justru sibuk pada pekerjaan mereka, karir mereka, pembangunan rumah mereka, dan lain sebagainya yang sifatnya harta atau hal-hal fisik. Sementara itu, pendidikan anak-anak dalam hal pendidikan karakter dan agama dicukupkan di sekolah, atau dicukupkan dengan pendidikan di pesantren.

Banyak pribadi anak-anak tumbuh tanpa desain yang ideal dari orangtua. Padahal diri anak itu sebenarnya adalah sesuatu yang sangat penting dan sangat genting. Mendidik generasi di zaman serba modern seperti sekarang itu ibaratnya seperti mengendarai kendaraan bermotor di lokasi yang sangat ekstrem. Bila kita sebagai manusia atau pengendara tidak hati-hati mengendarai, tentu sangat berbahaya bahkan bisa mengalami kecelakaan yang bisa merenggut nyawa. Resiko lainnya adalah kita sebagai pengendara tidak akan pernah sampai ke tujuan akhir dari perjalanan kita.

Orang tua yang tidak membuat desain tentang anak-anaknya, sebenarnya ini menunjukkan sebagai sikap yang tidak hati-hati. Selain itu, memperlakukan anak terlalu ketat bisa juga karena tanpa desain.

Bagaimana cara untuk membuktikan apakah kita sebagai orang tua sudah memiliki desain diri untuk anak-anak? Coba bertanyalah pada diri kita, apa hal penting yang ingin kita wujudkan pada pribadi anak-anak? Hal penting apa yang sudah ada dan belum ada pada kepribadian anak-anak? Hal apa saja yang harus ada pada anak-anak? Apakah kita sudah tahu bagaimana cara mewujudkan itu semua? Bagaimana apabila hal-hal tidak ada pada diri anak-anak kita? Apakah dampak buruk yang akan terjadi pada mereka di waktu yang akan datang? Cobalah bertanya kembali dalam hati kita masing-masing, apakah kita sebenarnya telah memiliki itu sendiri untuk masa depan mereka?

Zaman modern dan kecanggihan teknologi saat ini ternyata juga di sisi lain adalah zaman kegagalan yang ditandai dengan adanya banyak kegagalan pada kehidupan pribadi dan kegagalan manusia dalam menata peradabannya. Oleh karena itu, kita harus memilih untuk anak-anak kita. Sebuah desain yang menjamin dapat mengantarkan anak-anak menjadi pribadi yang sukses, bahagia, dan kontributif dalam membangun peradaban dunia yang mulia. Apabila anak-anak tumbuh menjadi besar tapi tanpa desaain yang benar, maka justru akan muncul resiko mereka tumbuh menjadi pribadi yang gagal dalam kehidupannya serta tidak memberikan kontribusi positif dalam membangun peradaban. Padahal, generasi mendatang tentu seharusnya harus tumbuh dan mampu meraih kesuksesan dan kebahagiaan, juga mewujudkan peradaban yang barokah untuk manusia.

Inilah arti penting untuk desain diri anak-anak. Apabila orang tua tidak memiliki desain diri untuk anak-anak pada waktu yang akan datang, maka mereka akan mengalami kesulitan hidup yang berat. Apabila orang tua tidak memiliki perencanaan tentang pribadi dan masa depan anak-anak, maka anak-anak beresiko menjadi orang gagal dalam kehidupannya.

Demikian, semoga bermanfaat ya Ayah Bunda.  (Tim Karima; www.karimafood.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *