Solusi untuk Anak yang Malas Berangkat Sekolah

Solusi untuk Anak yang Malas Berangkat Sekolah

Anak-anak kadang bisa bersemangat sekolah, tapi kadang juga bisa malas berangkat sekolah. Dalam posisi malas sekolah, apa tindakan kita sebagai orang tua? Sebaiknya jangan terburu-buru memarahi anak tanpa mengetahui persoalannya ya Ayah Bunda.

Lantas, bagaimana cara yang baik untuk mengatasinya? Tentu kita harus mengetahui terlebih dahulu apa masalahnya.

Beberapa sebab yang mungkin menjadi alasan anak malas berangkat sekolah adalah sebagai berikut :

  1. Anak sudah merasa bosan dengan aktivitas di sekolah.
  2. Anak mengalami kejadian yang membuatnya tidak nyaman atau takut di sekolah, misalnya ada temannya yang berbuat nakal.
  3. Anak merasa bahwa pelajaran di sekolah bukan sesuatu yang menarik, terlebih cara penyampaian gurunya yang kurang kreatif.
  4. Lingkungan sekolah kurang nyaman, misalnya panas, pengap, bau, dan lain sebagainya.
  5. Anak merasa kesulitan dengan pelajaran di sekolah.

Sebaiknya kita mengajak anak berbicara baik-baik dan mencoba mencari tahu apa penyebab anak malas ke sekolah. Jika memang ada masalah, maka kita bisa mencoba membantu mencari solusinya. Jika masalah tekait dengan situasi sekolah atau gurunya, maka kita bisa berkomunikasi dengan pihak sekolah agar ada perbaikan. Sementara jika ada masalah dengan temannya, sebaiknya dicek dulu masalahnya seperti apa. Upayakan kita membantu anak dengan membimbingnya mencari solusi untuk masalah dengan temannya, tanpa harus terburu-buru turut campur yang justru bisa menambah masalah baru.

Jika masalahnya adalah kesulitan dengan pelajaran, maka kita bisa membantunya dengan mendampingi ketika belajar. Atau dengan mengundang guru les privat ke rumah. Di sisi lain, kita menyadarkan anak tentang perlunya bersabar dalam proses belajar. Kesulitan dalam pelajaran bukanlah aib dan perbuatan dosa. Itu adalah hal yang wajar. Kita jalani saja prosesnya dengan sabar. Insya Allah nanti Allah akan mudahkan.

Selain itu, sebaiknya kita mencarikan lingkungan pertemanan yang baik bagi anak. Pengaruh teman sangatlah besar. Upayakan kita mencari sekolah yang siswa-siswanya dari kalangan orang yang baik sehingga pengaruhnya juga baik bagi anak kita. Jika ternyata ada satu dua siswa teman sekolahnya yang tidak baik, maka sarankanlah anak untuk tidak berteman akrab dengan mereka.

Bekali juga anak beberapa langkah antisipatif terhadap kondisi di sekolah. Misalnya bagaimana menyikapi jika ada teman yang nakal, bagaimana menyikapi jika diajak melakukan sesuatu yang tidak baik oleh temannya, dan lain sebagainya. Dengan pembekalan langkah antisipatif ini, maka anak akan siap dan berani menolak ajakan ajakan yang tidak baik dari temannya.

Demikian beberapa cara untuk mengatasi anak yang malas berangkat sekolah. Semoga bermanfaat ya Ayah Bunda.  (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *