Solusi Anak yang Takut Berangkat Ke Sekolah

Solusi Anak yang Takut Berangkat Ke Sekolah

Anak takut berangkat ke sekolah atau biasa disebut phobia sekolah adalah perilaku keengganan atau ketakutan anak untuk berangkat ke sekolah yang sudah sangat akut. Tidak jarang ketakutan ini juga disertai dengan gejala-gejala somatis. Misalnya adalah gangguan saluran pencernaan.

Ayah Bunda, kondisi somatis tersebut bisa kemudian digunakan anak sebagai pembenaran untuk tinggal di rumah saja dan tidak perlu berangkat ke sekolah. Akan tetapi, ternyata gejala atau keluhan tersebut akan hilang begitu saja ketika anak sudah berhasil mendapatkan kepastian bahwa ia tidak perlu berangkat ke sekolah. Gejala khusus yang biasa terjadi pada anak yang takut berangkat ke sekolah adalah sakit perut atau mual.

Mencari Penyebab Anak Takut Berangkat ke Sekolah.

Sebagai orang tua, tidak bijak jika kita memaksa anak untuk berangkat ke sekolah tanpa mengetahui penyebab mengapa anak takut berangkat ke sekolah. Umumnya, ketakutan ini penyebabnya adalah perasaan cemas jika berpisah dari orang tua. Bisa jadi, sebelum masuk usia sekolah, anak memang jarang berpisah lama dari orangtuanya. Kecemasan untuk berpisah ini kemudian menjadi penyebab utama anak takut berangkat ke sekolah.

Selain sebab di atas, faktor lingkungan yang berhubungan dengan situasi di sekolah juga bisa menjadi penyebab anak merasa cemas. Bisa jadi anak takut kepada guru yang ia anggap galak. Bisa jadi pula anak takut terhadap teman-teman yang ia anggap nakal. Ketakutan ini akan semakin besar apabila anak merasa berbeda dengan banyak teman-temannya, misalnya dari fisik anak yang kecil, keadaan ekonomi yang kurang, dan lain sebagainya.

Cara Menangani

Kita harus menemukan penyebab anak takut sekolah kemudian usahakan untuk menghilangkan penyebab tersebut. Pecahkan masalah sebab ini maka ketakutan anak kemudian akan bisa teratasi. Jika diperlukan, maka kita harus bekerjasama dengan para guru di sekolah, juga bekerjasama dengan sesama orang tua siswa lainnya. Hadirkan situasi sekolah yang ramah bagi anak dan jauh dari kesan menakutkan.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan desensitisasi. Ini merupakan suatu proses terapi untuk mengurangi intensitas suatu reaksi terhadap pengalaman-pengalaman traumatis. Caranya adalah dengan menghadapkan seorang anak pada pengalaman tersebut secara berulang-ulang, tetapi dalam situasi yang lebih ringan. Sampai di suatu titik tertentu maka anak tidak akan merasa ketakutan lagi.

Demikian cara mengatasi anak yang takut berangkat sekolah. Semoga bermanfaat ya Ayah Bunda. (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

×

Assalamualaikum wr wb.

Silakan chat via WA atau email ke admin@karimafood.com

× Chat CS