Tahapan Bayi Mengenal Rasa

Tahapan Bayi Mengenal Rasa

Dalam memberikan MPASI kepada bayi, kita perlu mengetahui bagaimana bayi dalam mengenal rasa. Dengan demikian, MPASI yang kita berikan akan sesuai dengan indera pengecap bayi sehingga bayi merasa nyaman.

Bayi yang baru lahir sebenarnya sudah bisa mengecap berbagai macam rasa kecuali rasa asin. Walau demikian, bayi biasanya lebih menyukai rasa manis. Indera ini bayi perlukan sebagai alat untuk mengenal lingkungan disekitarnya.

  1. Usia 0 sampai 3 Bulan.

Setelah lahir, indera pengecap pada bayi sudah terbentuk secara sempurna.  Secara alami sebenarnya bayi sudah bisa memilih dan mengecap rasa manis. Oleh karena itu, bayi yang baru saja lahir bisa menerima ASI atau susu formula yang memang memiliki rasa manis. Di sisi lain, bayi akan cenderung menolak rasa yang asam maupun pahit.

  1. Usia 3 sampai 6 Bulan.

Bayi yang sudah berusia 3 bulan, maka lidahnya sudah mengalami suatu perkembangan. Bayi akan mulai melakukan aktivitas memasukkan berbagai macam hal kedalam mulutnya. Aktivitas ini merupakan suatu tanda bahwa ia sebenarnya menggunakan lidahnya untuk mengenali berbagai macam tekstur dan mengecap.

Pada saat bayi memasuki usia 5 bulan, maka bayi akan mulai bereaksi terhadap rasa asin. Apabila bayi biasa diberi ASI, maka lazimnya bayi akan lebih fleksibel terhadap berbagai macam jenis rasa, karena mereka sudah terbiasa mengenal berbagai macam perubahan rasa.

  1. Usia 6 sampai 9 bulan.

Pada masa ini, bayi tentu sudah melalui masa pemberian ASI eksklusif. Bayi akan mulai kita perkenalkan pada berbagai macam jenis makanan. Tentu bayi tidak akan langsung mudah menerimanya ya Ayah Bunda. Ia akan membutuhkan proses pengenalan yang berulang-ulang terhadap makanan yang sama hingga akhirnya bayi mau menerima dan menyukai makanan tersebut. Bayi akan tetap cenderung lebih menyukai rasa manis. Oleh karena itu, sebaiknya makanan yang diperkenalkan cenderung memiliki rasa manis tetapi tanpa menggunakan gula tambahan. Misalnya perkenalkanlah bayi pada buah pisang yang mempunyai rasa manis yang alami.

  1. Usia 9 sampai 12 Bulan.

Pada usia ini, bayi sebenarnya sudah bisa mengecap semua rasa, tetapi belum optimal. Rasa yang sangat dikenal bayi tetap saja rasa manis. Bayi indera pengecapnya masih sangat sensitif sehingga rasa pahit bagi bayi akan terasa sangat pahit baginya. Oleh karena itu, sebaiknya ketika kita mulai mengenalkan sayuran, maka alangkah baiknya dicampur dengan bahan makanan lain yang rasanya ada rasa manis. Produk Karima sudah didesain sedemikian rupa sehingga cenderung disukai bayi dan tetap sehat ya Ayah Bunda.

  1. Usia 1 sampai 2 Tahun.

Pada usia ini sebenarnya perkembangannya tidak terlalu jauh berbeda ya Ayah Bunda.

Demikian proses perkembangan bayi dalam mengenal rasa. Semoga bisa membantu Ayah Bunda dalam memberikan MPASI kepada bayi sehingga tepat dan nyaman bagi bayi. Apabila Ayah Bunda tidak ingin repot dalam menyiapkan MPASI, maka produk Karima bisa mudah diberikan ya Ayah Bunda. (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *