Tahapan Pemberian MPASI

Tahapan Pemberian MPASI

blank

Ayah Bunda, dalam memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) sebaiknya dilakukan secara bertahap. Kekentalan makanan bayi dan porsinnya harus disesuaikan dengan kemampuan bayi dalam mengonsumsi makanan.

Bayi Usia 6-9 Bulan.

Pada usia ini, bayi sebaiknya diberi makanan dengan tekstur yang lembut, cair. Contohnya adalah bubur buah, bubur susu, atau bubur sayuran yang dihaluskan.

Bayi Usia 10-12 Bulan.

Pada usia ini, bayi mulai bisa diberi makanan kental dan padat, tetapi teksturnya lunak. Contohnya adalah nasi tim.

Bayi Usia 12-24 Bulan.

Pada usia ini, bayi bisa mulai diberi makanan padat, tetapi masih perlu sangat selektif. Jangan memberikan makanan yang bisa mengganggu organ pencernaan, misalnya makanan pedas, terlalu asam, atau berlemak. Pada usia ini, bayi bisa diberi makanan yang bisa ia pegang, misalnya cookies, nugget. Ini bisa bermanfaat untuk melatih keterampilan bayi serta merangsang pertumbuhan gigi bayi.

Demikian beberapa tahapan dalam memberikan MPASI kepada bayi. Semoga bermanfaat ya Ayah Bunda.  (Tim Karima; www.karimafood.com)

Silakan forward tulisan ini ke linimasa Anda, atau sahabat terkasih Anda.

Bagi Anda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. Isi form yang ada, kemudian klik tautan bergabung setelah mengisi form. Kelas Edukasi via WA Group ini GRATIS ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

×

Assalamualaikum wr wb.

Silakan chat via WA atau email ke admin@karimafood.com

× Chat CS