Tips Ajak Anak Silaturahmi Lebaran Tanpa Rewel

Tips Ajak Anak Silaturahmi Lebaran Tanpa Rewel

Hai Bunda. Selamat berbahagia ya di hari lebaran. Mengajak anak bersilaturahmi kepada sanak saudara dan handai taulan di hari fitri ini tentu menyenangkan, namun kadang juga bisa sedikit memalukan. Hal memalukan bisa terjadi ketika anak kurang bertindak sopan dan santun ketika membersamai dalam kunjungan. Anak yang lari ke sana kemari, berebut makanan, atau rewel di rumah orang yang dikunjungi bisa terjadi. Tentu hal ini akan bisa membuat kita merasa tidak enak dengan tuan rumah.

Lantas, sebaiknya bagaimana agar anak tidak membuat keributan atau rewel di waktu silaturahmi? Beberapa tips berikut ini bisa Anda coba.

Pertama, sebelum berangkat, jelaskan kepada anak tentang apa itu silaturahmi. Berikan penjelasan dengan bahasa yang mudeh mereka mengerti bahwa silaturahmi ini adalah salah satu ajaran agama yang baik untuk dilakukan. Berikan juga informasi bahwa dengan silaturahmi ini, kita akan bertemu banyak saudara yang sudah beberapa waktu tidak bertemu. Gambarkan bahwa suasana ini ceria sehingga anak juga antusian ikut silaturahmi.

Kedua, jaga kesehatan anak. Abak rewel bisa jadi karena terlalu capek atau kurang sehat. Oleh karena itu, jagalah kondisi kesehatan anak dengan memberikan mereka waktu istirahat yang cukup sebelumnya, juga diberikan makanan yang bergizi.

Ketiga, siapkan kebutuhan anak selama silaturahmi. Gunakan pakaian yang nyaman, tidak gerah, namun tetap sopan. Siapkan pula makanan kesukaan anak yang bisa jadi tidak tersedia di rumah suadara yang dikunjungi.

Keempat, ajarkan kepada anak tentang sopan santun dalam bersilaturahmi. Misalnya bagaimana cara berbicara kepada orang yang lebih tua, bagaimana cara duduk, bagaimana cara bersalaman, bagaimana cara sungkem kepada orang tua, kalimat apa yang harus diucapkan ketika menerima uang saku dari tuan rumah, dan lain sebagainya.

Demikian beberapa tips agar anak tidak rewel ketika diajak bersilaturahmi lebaran. Semoga bermanfaat. Selamat berlebaran. (www.karimafood.com)

Follow us :

IG : @karimabuburbayi

FB : fb.com/karimafood

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *