Tips Menjaga Kesehatan Anak

Tips Menjaga Kesehatan Anak

Jika membahas mengenai kesehatan anak maka terdapat dua hal mendasar yang penting diperhatikan yaitu kebugaran tubuh serta kecukupan gizi. Dua hal tersebut wajib berjalan dengan  seimbang, sehingga dapat menunjang pertumbuhan serta perkembangan anak secara optimal.

Kecukupan Gizi

Terkait kecukupan gizi, maka anak wajib didorong agar mengonsumsi makanan yang beragam. Sebab di dalam makanan yang beragam terkandung gizi seimbang. Selain itu, orang tua juga harus dapat mengatur porsi makan anak. Hal ini diperlukan agar anak tidak hanya mengonsumsi satu jenis makanan saja. Gizi yang masuk ke tubuh anak harus disesuaikan dengan tingkatan usia serta berat badan anak. Biasanya panduan tersebut dapat diperoleh melalui buku atau situs online mengenai pertumbuhan dan perkembangan anak.

Kebugaran Tubuh

Sesudah kecukupan gizi diatur, maka orang tua berkewajiban mengajak anaknya untuk bergerak serta bermain dengan tujuan kebugaran anak terjaga. Karena kebugaran tubuh di masa kanak-kanak adalah bekal kebugaran di masa dewasanya.

Aktivitas fisik yang anak lakukan tidak selalu sama dengan orang dewasa. Jika orang dewasa memerlukan olahraga terukur, maka pada anak cukup dengan bermain sesuai keinginannya. Sebagai contohnya, anak diajak bermain bersama teman-temannya. Orang tua hanya cukup mengawasi anak agar terhindar dari bahaya.

Prasekolah

Pada masa pra sekolah anak sudah dibiasakan untuk mengikuti pola hidup serta makan sehat. Kebiasaan baik yang diajarkan semenjak dini tentu akan terbawa hingga anak masuk usia sekolah bahkan sampai usia dewasa. Anak mulai diajarkan bagaimana memilih makanan serta minuman yang sehat.

Namun, orang tua juga menjelaskan mengenai manfaatnya untuk kesehatan. Mengajari anak-anak membutuhkan kesabaran tinggi terlebih lagi mengajari anak di usia yang masih dini. Seringkali anak-anak mudah tergoda untuk mengkonsumsi makanan yang dilihat temannya atau dari media lain seperti televisi.

Demikian Ayah dan Bunda, semoga bermanfaat. Terima kasih. (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

×

Assalamualaikum wr wb.

Silakan chat via WA atau email ke admin@karimafood.com

× Chat CS