Zat Gizi yang Dibutuhkan untuk Tumbuh Kembang Anak

Zat Gizi yang Dibutuhkan untuk Tumbuh Kembang Anak

blank

Anak membutuhkan berbagai zat gizi yang pentung untuk tumbuh kembang anak. Zat gizi tersebut beragam. Sebaiknya, anak dalam makanan sehari-harinya mengonsumsi makanan yang mengandung zat gizi penting ini.

Beberapa zat gizi penting itu adalah :

Pertama, Protein.

Protein yang tinggi bisa didapatkan dari daging, ikan, telur, kacang-kacangan, unggas, juga susu. Protein mempunyai fungsi membentuk sel, mengubah makanan menjadi energi, juga melawan infeksi.

Kedua, Karbohidrat.

Karbohidrat bisa didapatkan dari nasi, umbi-umbian, kentang, jagung. Zat ini berfungsi untuk membangun lemak dan protein yang digunakan untuk memperbaiki jaringan. Sebaiknya anak tidak terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat yang kadar gulanya tinggi.

Ketiga, Lemak.

Lemak bisa didapatkan dari daging, ikan, kacang-kacangan, serta susu. Zat ini berfungsi sebagai sumber energi yang bisa disimpan oleh tubuh.

Keempat, Kalsium.

Kalsium bisa didapatkan dari susu, kuning telur, tahu, sayuran bayam, dan lain sebagainya. Zat ini bermanfaat untuk membentuk tulang dan gigi yang kuat.

Kelima, Zat Besi.

Zat besi bisa didapatkan dari hati, unggas, daging, gandum, kacang-kacangan, juga buncis. Zat ini bermanfaat untuk membentuk sel darah serta mengalirkan osigen ke seluruh tubuh.

Keenam, Folat.

Zat ini bisa didapatkan dari kacang-kacangan, gandum, buncis, asparagus, kubis, dan lain sebagainya. Asam folat berfungsi untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan sel-sel pada tubuh.

Ketujuh, Serat.

Serat bisa didapatkan pada sayuran, buah, gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, dan lain sebagainya. Serat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

Kedelapan, Vitamin A.

Vitamin A bisa didapatkan dari bayam, wortel, brokoli, minyak ikan, kuning telur, dan lain sebagainya. Zat ini sangat bermanfaat untuk kesehatan mata, juga bisa membantu pertumbuhan anak, mencegah infeksi, dan menjaga kesehatan kulit.

Kesembilan, Vitamin C.

Vitamin C bisa didapatkan dari jeruk, melon, bayam, pepaya, mangga, stroberi, kentang, dan lain sebagainya. Zat ini bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan  luka, mencegah flu, dan memperkuat pembuluh darah.

Demikian beberapa zat gizi yang sangat penting untuk tumbuh kembang anak.. Semoga bermanfaat ya Ayah Bunda.  (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

×

Assalamualaikum wr wb.

Silakan chat via WA atau email ke admin@karimafood.com

× Chat CS